Putri, Farannisa Ramil (2024) Pengaruh Komunikasi Instruksional Berbasis BCCT (Beyond Centre and Circle Time) Terhadap Pembentukan Karakter Siswa-Siswi PG-TK Sekolah Alam Bosowa di Kota Makassar = The Effect of BCCT (Beyond Center and Circle Time) Based Instructional Communication on Character Development of Playgroup-Kindergarten Students at Sekolah Alam Bosowa in Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
E022211039_tesis_04-03-2024 cover1.png
Download (168kB) | Preview
E022211039_tesis_04-03-2024 1-2.pdf
Download (3MB)
E022211039_tesis_04-03-2024 dp.pdf
Download (167kB)
E022211039_tesis_04-03-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 April 2026.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
FARANNISA RAMIL PUTRI. Pengaruh Komunikasi Instruksional Berbasis BCCT (Beyond Centre and Circle Time) Terhadap Pembentukan Karakter Siswa-Siswi PG-TK Sekolah Alam Bosowa di Kota Makassar (dibimbing oleh Jeanny Maria Fatimah dan Arianto).
Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis tingkat komunikasi instruksional berbasis BCCT (Beyond Centre and Circle Time) terhadap siswa-siswi PG-TK Sekolah Alam Bosowa di Kota Makassar, (2) Menganalisis tingkat pembentukan karakter siswa-siswi PG-TK Sekolah Alam Bosowa berbasis BCCT (Beyond Centre and Circle Time) di Kota Makassar, dan (3) Menganalisis pengaruh komunikasi instruksional berbasis BCCT (Beyond Centre and Circle Time) terhadap pembentukan karakter siswa-siswi PG-TK Sekolah Alam Bosowa di Kota Makassar.
Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi terdiri dari 3 kelas dimana jumlah siswa seluruhnya yaitu 30 orang, kemudian penarikan sampel menggunakan teknik non probability sampling atau teknik sampel jenuh sebagai penarikan populasi di bawah 30 responden. Adapun analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat komunikasi instruksional berbasis BCCT (Beyond Centre and Circle Time) pada siswa siswi PG-TK Sekolah Alam Bosowa di Kota Makassar termasuk dalam kategori Instruksional dengan hasil nilai dominan sebesar 93,33%. Sementara untuk tingkat pembentukan karakter siswa-siswi PG-TK Sekolah Alam termasuk dalam kategori karakter terbentuk dengan hasil nilai dominan 70%. Terdapat pengaruh komunikasi instruksional berbasis BCCT (Beyond Centre and Circle Time) terhadap pembentukan karakter siswa-siswi PG-TK Sekolah Alam Bosowa di Kota Makassar sebesar 34,6%, sedangkan sisanya 65,4% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diujikan dalam penelitian ini.
Keywords : Komunikasi Instruksional, Metode BCCT, Pembentukan Karakter
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instructional Communication, BCCT Method, Character Development. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 08:30 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 08:30 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33845 |