STRATEGI KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI AAS FOUNDATION = COMMUNITY EMPOWERMENT COMMUNICATION STRATEGY THROUGH AAS FOUNDATION


Maharani, Tarisa Dinda (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI AAS FOUNDATION = COMMUNITY EMPOWERMENT COMMUNICATION STRATEGY THROUGH AAS FOUNDATION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
E021191016_skripsi_29-02-2024 cover1.png

Download (166kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021191016_skripsi_29-02-2024 1-2.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021191016_skripsi_29-02-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021191016_skripsi_29-02-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 April 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

TARISA DINDA MAHARANI. Strategi Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui AAS Foundation (Dibimbing oleh H. Muh. Farid dan H. M. Iqbal Sultan).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi komunikasi pemberdayaan masyarakat melalui program AAS Foundation, dan (2) faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi pemberdayaan masyarakat melalui AAS Foundation.
Penelitian ini dilaksanakan di Yayasan AAS Foundation. Adapun Informan dalam penelitian ini adalah Direktur Utama, Government & External Relation, Direktur Komersial, Manager Operational & Business Service, Staf Pengendalian Lalu Lintas, dan Staf Administrasi Lalu Lintas, Petugas Sentral Komunikasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang sumber data primernya berasal dari hasil wawancara mendalam dengan informan di Yayasan AAS Foundation, juga dengan melakukan observasi langsung. Selain itu, sumber data sekundernya berasal dari hasil studi literatur, studi kepustakaan, situs-situs, majalah, jurnal, artikel berita. Data yang diperoleh kemudian diolah secara deskriptif-kualitatif dengan cara dianalisis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemberdayaan masyarakat melalui AAS Foundation dilakukan melalui empat tahap, yaitu: a) Mengenal khalayak : sasaran AAS Foundation adalah para pelaku UMKM dan calon pengusaha. b) Menyusun pesan : Pesan-pesan yang akan dikirimkan adalah pesan singkat, efektif, komunikatif, informatif, aplikatif, simple, sedehana, menarik serta mudah dipahami. c) Menetapkan metode : menggunakan metode pengulangan atau redudancy (repetition) dan juga metode canalizing serta penggunaan media sosial, dan d) Seleksi penggunaan media : instagram, youtube, dan facebook. Faktor pendukung strategi komunikasi pemberdayaan masyarakat melalui AAS Foundation adalah hubungan kerjasama AAS Foundation dengan stakeholder, dan sumber daya manusia yang experience. Sedangkan faktor penghambat trategi komunikasi pemberdayaan masyarakat adalah proses identifikasi, pelaksanaan kegiatan, pemberian bantuan membutuhkan waktu. Dari sisi waktu ini menjadi faktor penghambat.

Kata Kunci: Yayasan AAS Foundation, Strategi Komunikasi, Pemberdayaan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: AAS Foundation, Communication Strategy, Community Empowerment.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jun 2024 08:27
Last Modified: 04 Jun 2024 08:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33813

Actions (login required)

View Item
View Item