Good Corporate Governance Pada PT. Sulsel Citra Inodnesia (PERSERODA) Sulawesi Selatan = Good Corporate Governance at PT. Sulsel Citra Indonesia (PERSERODA) South Sulawesi.


Alwi, Muh. (2024) Good Corporate Governance Pada PT. Sulsel Citra Inodnesia (PERSERODA) Sulawesi Selatan = Good Corporate Governance at PT. Sulsel Citra Indonesia (PERSERODA) South Sulawesi. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E013181001_disertasi_29-01-2024 cover1.png

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E013181001_disertasi_29-01-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E013181001_disertasi_29-01-2024 dp.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E013181001_disertasi_29-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 April 2026.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

MUH. ALWI. Good Corporate Governance Pada PT. Sulsel Citra Inodnesia (PERSERODA) Sulawesi Selatan. Dibimbing oleh Armin, Muhammad Yunus, Badu Ahmad.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan prinsip-prinsip good corporate governance yang terdiri dari transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, dan kewajaran dalam pengelolaan PT. Sulsel Citra Indonesia sebagai PERSERODA Sulawesi Selatan menuju tata kelola korporasi sektor publik yang baik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan pendekatan komponen utama sebagai prinsip dalam good corporate governance dalam pengelolaan perusahaan milik daerah yaitu PT. Sulsesl Citra Indonesia sebagai PERSERODA Provinsi Sulawesi Selatan belum sepenuhnya efektif dalam mewujudkan tata kelola yang baik. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan perlunya penguatan prinsip-prinsip good corporate governance yang terdiri dari masih rendahnya penerapan asas transparansi pada kinerja perusahaan, perlu penguatan akuntabilitas prosedural dan substansial sebagai bentuk keseriusan dalam mengelola perusahaan, tingkat responsibiltas atau pertanggung jawaban kinerja yang masih konvensional dan perlu mengalami peningkatan kearah yang lebih profesional, serta perlunya peningkatan perlakuan yang adil dan setara sebagai bentuk kewajaran yang mencakup adanya kejelasan hak-hak pemodal dan penegakan hukum untuk melindungi pihak investor dan manajemen perusahaan. Selain Itu dalam tinjauan konsep good corporate governance dalam pengelolaan perusahaan milik daerah diperlukan komponen corporate culture untuk mendukung penerapan prinsip-prinsip seperti transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, dan fairnes dalam mewujudkan tata kelola yang baik dan kondusif pada organisasi sektor publik.

Kata kunci: good corporate governance, good governance, organisasi sektor publik, Perseroda

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: good corporate governance, good governance, public sector organization, perseroda
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:58
Last Modified: 04 Jun 2024 07:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33804

Actions (login required)

View Item
View Item