PUBLIC SERVICE MOTIVATION TERHADAP OPTIMALISASI PELAYANAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TORAJA UTARA = PUBLIC SERVICE MOTIVATION FOR OPTIMIZING DIGITAL POPULATION IDENTITY SERVICES AT THE POPULATION AND CIVIL REGISTRATION OFFICE OF NORTH TORAJA REGENCY


Situru, Asti (2023) PUBLIC SERVICE MOTIVATION TERHADAP OPTIMALISASI PELAYANAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TORAJA UTARA = PUBLIC SERVICE MOTIVATION FOR OPTIMIZING DIGITAL POPULATION IDENTITY SERVICES AT THE POPULATION AND CIVIL REGISTRATION OFFICE OF NORTH TORAJA REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E012221013_tesis_29-01-2024 cover1.png

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E012221013_tesis_29-01-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E012221013_tesis_29-01-2024 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E012221013_tesis_29-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 April 2026.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

ASTI SITURU, Public Service Motivation Terhadap Optimalisasi Pelayanan Identitas Kependudukan Digital Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Toraja Utara. (Dibimbing oleh Thahir Haning dan Suryadi Lambali).
Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana Public Service Motivation berkontribusi pada optimalisasi pelayanan identitas kependudukan digital di kabupaten Toraja Utara, menggunakan pendekatan Public Service Motivation oleh James L. Perry dengan indikator attraction to public policy making, commitment to public interest and civic duty, compassion, self sacrified. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, melalui wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Toraja Utara dan masyarakat pengguna layanan Identitas Kependudukan Digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa attraction to public policy making dari Pejabat struktural, termasuk kepala dinas, kepala bidang, dan kepala seksi menunjukkan ketertarikan yang tinggi terhadap proses penyusunan kebijakan publik. Adapun pegawai setingkat staf dan operator menunjukkan kurangnya minat terhadap penyusunan kebijakan publik karena adanya persepsi bahwa tupoksi sebagai staf tidak mendukung pegawai untuk terlibat dalam proses penyusunan kebijakan administrasi kependudukan. Commitment to public interest and civic duty sudah dilaksanakan dengan cukup baik oleh pegawai. Hal ini ditunjukkan dengan menjalankan kegiatan pelayanan secara bertanggung jawab sesuai standar operasional prosedur dan regulasi terkait pelayanan administrasi kependudukan, menjamin waktu layanan yang cepat, dan memastikan ketepatan dan kebenaran dokumen serta memastikan layanan dilaksanakan secara gratis. Selain itu, pegawai memberikan respons positif terhadap pengaduan masyarakat. Untuk compassion, pegawai sudah menerapkan layanan yang ramah dan mengutamakan empati. Namun masih terdapat situasi dimana pegawai kurang ramah dalam memberikan layanan sehingga menimbulkan keluhan di masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan peran proaktif pimpinan dalam melakukan evaluasi dan penempatan pegawai untuk memastikan kualitas pelayanan yang optimal. Terkait self sacrified, sebagian besar pegawai kependudukan telah menyadari dan menerapkan sikap pengorbanan diri demi kepentingan masyarakat dalam melaksanakan tugas layanan publik. Meskipun demikian, terdapat tuntutan dari pegawai terkait perlunya keseimbangan antara hak dan kewajiban, khususnya dalam hal pembayaran gaji yang seringkali terlambat, yang dapat mempengaruhi motivasi dalam pelaksanaan tugas.

Keywords : Public service motivation, optimalisasi, Identitas Kependudukan Digital

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public service motivation, Optimizing, Digital population identity.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Jun 2024 06:50
Last Modified: 05 Jun 2024 06:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33802

Actions (login required)

View Item
View Item