Efektivitas Penerapan Sistem Leitner-Teknik Pomodoro Terhadap Hasil Belajar Anatomi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin = Effectivity of Leitner System-Pomodoro Technique on Anatomy Learning Outcomes of Students Faculty of Medicine Hasanuddin University


Nisa, Hijriatun (2022) Efektivitas Penerapan Sistem Leitner-Teknik Pomodoro Terhadap Hasil Belajar Anatomi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin = Effectivity of Leitner System-Pomodoro Technique on Anatomy Learning Outcomes of Students Faculty of Medicine Hasanuddin University. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C011191102_skripsi_30-12-2022 cover1.jpg

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C011191102_skripsi_30-12-2022 bab 1-3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C011191102_skripsi_30-12-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C011191102_skripsi_30-12-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Anatomi adalah ilmu kedokteran yang penting, namun masih terdapat beberapa mahasiswa kedokteran yang kesulitan dalam pembelajaran anatomi. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah metode pembelajaran mandiri khususnya dalam membantu memperkuat memori hafalan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan sistem Leitner-teknik Pomodoro terhadap hasil belajar anatomi mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin. Metode: Penelitian dilakukan dengan desain quasi-eksperimental metode non randomized control group pretest postest design. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2021 yang berjumlah 27 orang, yang terdiri dari kelompok intervensi berjumlah 15 orang dan kelompok kontrol berjumlah 12 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest posttest anatomi urogenital. Data diolah dengan uji Wilcoxon. Hasil dan Pembahasan: Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rerata hasil pretest ke postest anatomi urogenital pada kelompok intervensi. Hal ini berdasar pada peningkatan rerata nilai pretest ke posttest anatomi sistem urogenital mahasiswa yaitu sebesar 50.51. Selain itu, hasil uji Wilcoxon didapatkan bahwa nilai signifikansi 0,001 (p value <0,05) yang menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Kesimpulan: Metode sistem Leitner-teknik Pomodoro efektif diterapkan dalam pembelajaran anatomi mahasiswa.

Kata Kunci: Anatomi, Hasil Belajar, Sistem Leitner, Teknik Pomodoro

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anatomy, Learning Outcomes, Leitner System, Pomodoro Technique
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 May 2024 00:56
Last Modified: 15 May 2024 00:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33098

Actions (login required)

View Item
View Item