ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP LEAN DI APOTEK RAWAT JALAN RSUD ABDUL WAHAB SJAHRANIE – SAMARINDA TAHUN 2019


Rahman, Fathur (2020) ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP LEAN DI APOTEK RAWAT JALAN RSUD ABDUL WAHAB SJAHRANIE – SAMARINDA TAHUN 2019. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
K012171171_tesis cover1.png

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
K012171171_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
K012171171_tesis dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
K012171171_tesis.pdf

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Pelayanan kefarmasian merupakan unit paling akhir yang menentukan kualitas pelayanan rumah sakit sehingga baik buruknya pelayanan instalasi farmasi akan mempengaruhi unit lain yang berhubungan dengannya. Penelitian ini bertujuan menganalisis waktu tunggu pelayanan obat dengan menggunakan konsep lean di apotek rawat jalan instalasi farmasi RSUD Abdoel Wahab Sjahranie Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode kombinasi yang merupakan gabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif dengan desain Sequential Explanatory. Penelitian kualitatif dengan menggunakan pedoman wawancara pada 10 informan dan pada penelitian kuantitatif menggunakan lembar pengamatan dengan menggunakan sampel 110 resep di apotek Instalasi Rawat Jalan. Untuk menguji kualitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode pengumpulan data.
Hasil penelitian pada proses pelayanan obat dengan Value Stream Mapping (VSM) menunjukkan ratio value added terhadap non value added melebihi 30% (un - lean enterprise). Ditemukan enam jenis waste dalam proses pelayanan obat, yakni overproduction, transportation, motion, waiting, defect dan extra-processing. Penelitian ini juga melakukan proses analisis akar permasalahan menggunakan fishbone diagram dengan menganalisis aspek yang mempengaruhinya yaitu man, method, machine, matherial dan environment. Oleh karena itu, diperlukan desain strategi perbaikan dengan relayout, pelatihan petugas, pembuatan SPO, pembuatan Flow chart, penerapan SIMRS, penambahan tenaga pelaksana dan terus melakukan evaluasi sehingga hasilnya lebih terukur untuk dijadikan informasi dalam pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 17 Mar 2021 01:14
Last Modified: 18 Apr 2024 06:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3291

Actions (login required)

View Item
View Item