Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Melakukan Konversi Jaringan 4G dan Perencanaan Strategi Prioritas Perusahaan Dengan Metode QSPM = Analysis of Factors Influencing Consumer Decisions to Convert 4G Network and Planning Company Priority Strategies with the QSPM Method


Daraini, Dinda Julia (2023) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Melakukan Konversi Jaringan 4G dan Perencanaan Strategi Prioritas Perusahaan Dengan Metode QSPM = Analysis of Factors Influencing Consumer Decisions to Convert 4G Network and Planning Company Priority Strategies with the QSPM Method. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D071181504_skripsi_16-11-2023 CAVER1.jpg

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D071181504_skripsi_16-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (825kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D071181504_skripsi_16-11-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D071181504_skripsi_16-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Berdasarkan data survei pada tahun 2022 oleh APJII dapat dilihat bahwa operator Indosat Ooredoo berada pada urutan ketiga. Artinya perusahaan operator Indosat Ooredoo memerlukan strategi untuk dapat menyaingi kedua perusahaan diatasnya. Hal penting yang harus dimiliki perusahaan adalah evaluasi dan perencanaan strategi yang tepat. Strategi dapat ditentukan dari kebutuhan yang dituntut oleh konsumen saat ini yaitu mempunyai jaringan yang memiliki transfer data yang tinggi, mobilitas yang tinggi, kapasitas yang besar, dan area akses yang semakin luas. Oleh karena itu perusahaan melakukan pengembangan generasi jaringan yang dapat dilihat dengan adanya perkembangan teknologi sistem komunikasi dari generasi pertama ke generasi berikutnya yaitu teknologi 4G (Fourth Generation). 4G merupakan pengembangan dari teknologi sebelumnya yakni 3G (Third Generation). Adapun hasil studi lapangan yang dilakukan pada wilayah Parepare yaitu tim yang melaksanakan konversi jaringan 4G yaitu tim marketing communication mengalami kesulitan pada faktor internal dan eksternal. Beberapa kesulitan yang dihadapi diantaranya cara pelayanan kepada konsumen yang belum maksimal dan keterbatasan untuk memberikan pelayanan 4G ke daerah pelosok hingga ancaman konsumen berpindah provider serta masih banyak lagi. Penentuan strategi bisnis yang tepat dapat ditentukan berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Analisis yang terintergrasi antara internal perusahaan dan lingkungan eksternal ini, pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis SWOT. Analisis SWOT mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan
strategi perusahaan. SWOT ini pada dasarnya dapat memaksimalkan kekuatan (strengths) dan mampu meminimalkan kelemahan (weakness) dan peluang (opportunities) dan ancaman (threats). Dalam merumuskan strategi-strategi tersebut diperlukan evaluasi pilihan strategi yang paling baik untuk dipilih oleh perusahaan, maka dari itu metode yang dapat digunakan yaitu metode QSPM (Quantititive Strategic Planning Matriks). Penelitian ini dilakukan di Perusahaan Indosat Ooredoo Sales Area Pare-pare dengan menggunakan dua responden yakni responden dari customer dan responden dari karyawan. Untuk responden dari customer terdapat 100 sample sedangkan untuk responden karyawan terdapat 7
karyawan marketing communication yang menjalankan konversi jaringan 4G. Dari hasil analisis SWOT terdapat enam alternatif strategi yakni meningkatkan dan mempertahankan kualitas produk untuk memberikan jaminan terhadap pelanggan, meningkatkan pelayanan, memperluas pangsa pasar, peningkatan kinerja dan kualitas SDM, meningkatkan promosi secara berkelanjutan dan memanfaatkan teknologi dalam media promosi serta menetapkan dan mempertahankan strategi harga pasar untuk menghadapi persaingan. Untuk hasil analisa QSPM dari delapan alternatif strategi yang ada terdapat satu alternatif strategi yang diprioritaskan untuk diterapkan oleh PT Indosat Ooredoo Tbk Area Parepare yaitu meningkatkan pelayanan dengan skor TAS (Total Actractiveness Score) sebesar 8,668.

Keywords : konversi jaringan 4G, SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konversi jaringan 4G, SWOT, QSPM
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:02
Last Modified: 26 Apr 2024 08:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32669

Actions (login required)

View Item
View Item