PUSAT KEBUDAYAAN BUTON (BUTON CULTURAL CENTER) DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ORGANIK = BUTON CULTURAL CENTER (BUTON CULTURAL CENTER) WITH ORGANIC ARCHITECTURE DESIGN APPROACH


Faro, Natasya Alia Andina (2023) PUSAT KEBUDAYAAN BUTON (BUTON CULTURAL CENTER) DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ORGANIK = BUTON CULTURAL CENTER (BUTON CULTURAL CENTER) WITH ORGANIC ARCHITECTURE DESIGN APPROACH. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D051171329_skripsi_04-08-2023 caver1.jpg

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D051171329_skripsi_04-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D051171329_skripsi_04-08-2023 dp.pdf

Download (16MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D051171329_skripsi_04-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 January 2026.

Download (20MB)

Abstract (Abstrak)

Kota Baubau merupakan salah satu Kota di Provinsi Sulawesi Tenggara tepatnya berada di Pulau Buton yang memiliki perkembangan yang cukup pesat dari segi pembangunan maupun pengembangan pariwisata dengan nuansa budaya Buton mengingat kota Baubau merupakan wilayah eks-kesultanan Buton yang menyimpan segudang peninggalan sejarah peradaban mulai dari situs cagar budaya, adat istiadat, kesenian, kebudayaan hingga nilai-nilai luhur para pendahulu. Namun, yang patut disayangkan, pewadahan dari segi bangunan masih sangat minim untuk mengadakan event-event berskala menengah dan besar. Arsitektur organik bersesuaian dengan kepribadian berarsitektur dari masyarakat Buton itu sendiri yang banyak mengaplikasikan bentuk serta prinsip-prinsip yang ada pada makhluk hidup maupun alam itu sendiri kedalam bangunan-bangunannya. Dengan pendekatan desain ini, diharapkan nantinya bangunan tersebut dapat menyatu dan selaras dengan alam dan lingkungan sekitarnya, menonjol namun tidak meredupkan arsitektur lokal serta kawasan bersejarah yang ada disekitarnya. Tujuan dari perancangan ini adalah membuat bangunan mampu menjadi pusat kegiatan maupun informasi kebudayaan , kesenian dan wisata yang berkaitan dengan seni dan budaya yang ada di Kota Baubau sehingga event-event kebudayaan dapat terwadahi dan terfasilitasi dengan baik serta mampu merepresentasikan Kesenian serta kebudayaan khas Masyarakat Buton serta menjadi wadah para wisatawan yang datang untuk memperoleh informasi dan pengetahuan tentang Kota Baubau dan Gambaran Peradaban Masyarakat Buton. Metode yang digunakan merupakan metode perancangan arsitektur dengan pendekatan arsitektur organik. Hasil yang diperoleh, yaitu perancangan Pusat Kebudayaan Buton (Buton Cultural Center) dengan pendekatan Arsitektur organik yang diaplikasikan pada desain bentuk utama bangunan, komponen fasad dan sistem sirkulasi pada bangunan. Selain itu bangunan dilengkapi dengan sistem utilitas yang dapat menunjang kebutuhan bangunan.

Keywords : Buton, Cultural Center. Arsitektur Organik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buton, Cultural Center. Organic Architecture.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:48
Last Modified: 30 Jan 2024 07:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32502

Actions (login required)

View Item
View Item