Mildayanti, Mildayanti (2024) Penerapan Metode Iqro Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Anak. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
F031191027_skripsi_28-12-2023 cover1.png
Download (124kB) | Preview
F031191027_skripsi_28-12-2023 1-2.pdf
Download (1MB)
F031191027_skripsi_28-12-2023 dp.pdf
Download (976kB)
F031191027_skripsi_28-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Mildayanti “Penerapan Metode Iqro Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Anak.” Dibimbing oleh Haeruddin, S.S., M.A. dan Dr. Andi Agussalim, S.S., M. Hum.
Penelitian ini mengkaji tentang “Penerapan Metode Iqro Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Anak.” Yang bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan metode Iqro di Pulau Lamputang, 2) Mengetahui kemampuan membaca Al-Quran pada anak di pulau Lamputang, 3) Menganalisis ada tidaknya pengaruh penerapan metode Iqro terhadap kemampuan membaca Al-Quran pada anak di pulau Lamputang.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen one grup yang terdiri dari dua variabel, yaitu Metode Iqro sebagai variabel (X) dan kemampuan membaca Al-Quran sebagai variabel (Y). Populasi pada penelitian adalah seluruh anak pulau Lamputang usia 6-12 tahun yang berjumlah 27 orang dan semua anggota populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah hasil pre-test dan post-test untuk mendapatkan data penerapan metode Iqro dan data hasil kemampuan membaca Al-Quran anak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan Uji Paired Simpel T-Test.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan metode Iqro dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran anak usia 6-12 tahun yang berjumlah 27 orang di pulau lamputang. Rata-rata nilai pre-test 50.30 dengan standar devisi sebesar 5,587. Sedang rata-rata nilai post-test 85,70 dengan standar devisi 5,992. Data berdistribusi normal serta berkorelasi.
Berdasarkan hasil Uji Paired Sampel T-Test didapatkan nilai sig. 0,00 ≤ 0,05 maka H_0 ditolak, dan H_a diterima yang berarti terdapat pengaruh perbedaan signifikan dalam penerapan metode Iqro untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran anak pada usia 6-12 tahun di Pulau Lamputang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.Oleh karena itu, sangat penting untuk benar-benar memaksimalkan penerapan metode Iqro dan memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Asia Barat |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 08:36 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 08:36 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32476 |