Pemodelan Pengereman Regeneratif pada Rubber Tired Gantry Crane = Regenerative Braking Modeling on Rubber Tired Gantry Crane


Saputra, Anugrah Agung (2023) Pemodelan Pengereman Regeneratif pada Rubber Tired Gantry Crane = Regenerative Braking Modeling on Rubber Tired Gantry Crane. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D041181513_skripsi_15-02-2023 cover1.jpg

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D041181513_skripsi_15-02-2023 bab 1-3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D041181513_skripsi_15-02-2023 dp.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D041181513_skripsi_15-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 January 2026.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Rubber tired gantry (RTG) crane adalah crane yang digunakan untuk menumpuk kontainer di lapangan pelabuhan. Ketika rubber tired gantry crane menurunkan kontainer, motor pengangkat bertindak sebagai generator, menghasilkan energi yang dapat diserap apabila RTG crane memiliki sistem penyimpanan energi sehingga akan meningkatkan efisiensi dari RTG crane. Dalam tugas akhir ini, dilakukan pemodelan RTG crane dengan tambahan baterai (hybrid) sebagai sumber energi alternatif, kemudian melakukan perbandingan energi yang digunakan antara konvensional dan hybrid RTG crane. Pemodelan dilakukan menggunakan Matlab Simulink, dengan mengikuti spesifikasi crane yang ada di PT Pelindo Makassar New Port. Pemodelan dilakukan dengan memodelkan sumber 3 fasa, Bus DC, Pengereman resistor, baterai, motor hoist, dll. Pada tugas akhir ini, dilakukan simulasi dengan kapasitas dan kemampuan daya charging/discharging baterai dengan mengubah konfigurasi dari baterai, sehingga simulasi dilakukan dengan beberapa skenario yaitu konvensional (tanpa baterai) dan 3 jenis hybrid yaitu hybrid A, hybrid B dan hybrid C kemampuan daya charging/discharging secara berurut sebesar 46,704 kWh, 93,408 kWh dan 140,112. Hasil analisis dari penelitian ini diperoleh bahwa untuk menyerap seluruh daya regeneratif, maka diperlukan baterai dengan kemampuan penyerapan daya minimal 139 kW. Adapun penggunaan energi dari hybrid jika dibandingkan dengan konvensional sebesar 51,3% – 70,5% untuk hybrid A, 39,1% – 48,8% untuk hybrid B, dan 0,297% – 0,486% untuk hybrid C.

Keywords : RTG Crane, Baterai, Pengereman Regeneratif, Matlab Simulink, Energi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: RTG Crane, Battery, Regenerative Braking, Matlab Simulink, Energy.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Jan 2024 06:12
Last Modified: 25 Jan 2024 06:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32390

Actions (login required)

View Item
View Item