ANALISIS KINERJA PELAYANAN PELABUHAN PENYEBERANGAN TIMAMPU DANAU TOWUTI KABUPATEN LUWU TIMUR PROVINSI SULAWESI SELATAN = Service Performance Analysis of Timampu Lake Towuti Crossing Port, East Luwu Regency, South Sulawesi Province


Indarjaya, Lalu Alfath (2023) ANALISIS KINERJA PELAYANAN PELABUHAN PENYEBERANGAN TIMAMPU DANAU TOWUTI KABUPATEN LUWU TIMUR PROVINSI SULAWESI SELATAN = Service Performance Analysis of Timampu Lake Towuti Crossing Port, East Luwu Regency, South Sulawesi Province. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031181501_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D031181501_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (579kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031181501_skripsi_09-05-2023 dp.pdf

Download (844kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031181501_skripsi_09-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu wilayah yang terdapat di Indonesia yang memiliki Pelabuhan yaitu Danau Towuti dan salah satu Pelabuhan penyeberangan yang ada yaitu Pelabuhan Timampu yang berlokasi di Desa Timampu Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan. Pelabuhan Timampu dapat dikatakan kinerjanya belum optimal, hal ini dikarenakan masih banyaknya fasilitas pokok dan penunjang yang belum tersedia seperti terminal penumpang, fasilitas pemadam kebakaran dan fasilitas lainnya. Dan juga ada beberapa fasilitas yang kurang terawat. Hal tersebut dapat membuat kinerja pelayanan Pelabuhan terhadap pengguna jasa menjadi buruk sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pada pengguna jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi fasilitas pokok Pelabuhan Timampu dan menganalisis kinerja pelayanan Pelabuhan Timampu. Data analysis menggunakan metode Importance Performance Analysis. Dalam penelitian ini dilakukan survei lapangan untuk mengetahui fasilitas pokok yang tersedia di Pelabuhan Timampu. Dan juga untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna jasa dilakukan metode observasi dan alat ukur kuesioner yang dibagikan kepada responden pengguna jasa Pelabuhan Timampu untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa. Berdasarkan PM 50 Tahun 2021 diketahui ketersediaan fasilitas pokok dan penunjang terdapat 41% fasilitas yang tersedia. Berdasarkan PM 39 Tahun 2015 diketahui ketersediaan fasilitas pelabuhan terhadap penumpang terdapat 42% fasilitas yang tersedia. Berdasarkan PM 39 Tahun 2015 diketahui ketersediaan fasilitas pelabuhan terhadap kendaraan terdapat 43% fasilitas yang tersedia. dan fasilitas pelayanan pelabuhan terhadap papal sudah baik. Kinerja pelayanan Pelabuhan Timampu terhadap penumpang terdapat beberapa fasilitas yang perlu diadakan seperti ketersediaan alat pemadam kebakaran, fasilitas ruang medis, fasilitas bagasi penumpang dan fasilitas lainnya. Kinerja pelayanan Pelabuhan Timampu terhadap kendaraan terdapat beberapa fasilitas yang belum tersedia seperti ketersediaan alat pemadam kebakaran, ketersediaan petunjuk jalur evakuasi dan beberapa fasilitas lainnya. Kinerja pelayanan pelabuhan terhadap kapal yaitu memanfaatan dermaga dengan BOR sebesar 23%.

Keywords : Kinerja, Fasilitas, Pelabuhan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Performance, Facilities, Port
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 May 2024 01:19
Last Modified: 13 May 2024 01:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32326

Actions (login required)

View Item
View Item