Evaluasi Penerapan Sistem Inaportnet di Pelabuhan Samarinda = Evaluation of the Implementation Inaportnet System at the Samarinda Port


Humaerah, Humaerah (2023) Evaluasi Penerapan Sistem Inaportnet di Pelabuhan Samarinda = Evaluation of the Implementation Inaportnet System at the Samarinda Port. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031181311_skripsi_14-02-2023 cover1.jpg

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D031181311_skripsi_14-02-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031181311_skripsi_14-02-2023 dp.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031181311_skripsi_14-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Pelabuhan Samarinda merupakan Pelabuhan penting di Kalimantan Timur yang menjadi urat nadi perkembangan perekonomian Provinsi Kalimantan Timur.
Peningkatan produktifitas pelabuhan perlu diimbangi dengan peningkatan pelayanan, salah satu diantaranya pelayanan dokumen untuk kapal dan barang melalui teknologi informasi. Inaportnet merupakan sebuah portal online yang mampu melayani pengajuan dan pengolahan data serta informasi, pengambilan keputusan penyelesaian dokumen kepelabuhanan secara terpadu dengan prinsip kesatuan, kecepatan pelayanan, konsisten, sederhana, transparan, efisien dan berkelanjutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan Sistem Inaportnet dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan sistem Inaportnet di Pelabuhan Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA) yang digunakan untuk memperoleh tingkat kesesuaian antara kinerja layanan dengan harapan responden. Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) kinerja Sistem Inaportnet di Pelabuhan Samarinda dapat dikatakan efektif, hal ini dapat dilihat pada tingkat kesesuaian antar tingkat persepsi dan tingkat ekspektasi indikator dimensi kinerja Agen Pelayaran dan Administrator Inaportnet di Pelabuhan Samarinda. Agen Pelayaran 96,67% dan Administrator Pelabuhan 99,28% Dalam penerapan sistem Inapornet di Pelabuhan Samarinda masih terdapat beberapa kendala yang dialami oleh agen pelayaran seperti transparansi layanan sistem inaportnet, Kelengkapan informasi, Alur pelayanan dokumen, serta Tarif atau biaya pelayanan. Adapun kendala yang dialami oleh administrator pelabuhan seperti kemudahan dalam pengoperasian sistem inapornet, pengurusan perizinan PMKU, tampilan menu utama pada layanan sistem inapornet, serta Persyaratan pelayanan sistem inaportnet yang masih kurang baik. Pihak Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dapat memberikan sosialisasi dan pelatihan secara berkelanjutan agar pihak pengguna jasa dapat memahami dan menggunakan secara optimal.

Keywords : Pelabuhan, Inaportnet, Importance Performance Analysis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Port, Inaportnet, Importance Performance Analysis
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:42
Last Modified: 25 Apr 2024 06:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32320

Actions (login required)

View Item
View Item