ANALISIS PENYEBAB KERETAKAN PLATE GELADAK FLAT TOP BARGE SENTOSA JAYA 3008 AKIBAT POSISI MUATAN SAAT PEMBONGKARAN = ANALYSIS OF THE CAUSES OF CRACKING OF FLAT TOP BARGE DECK PLATES SENTOSA JAYA 3008 DUE TO LOADING POSITION DURING DISPOSAL


Hasrudin, Hasrudin (2023) ANALISIS PENYEBAB KERETAKAN PLATE GELADAK FLAT TOP BARGE SENTOSA JAYA 3008 AKIBAT POSISI MUATAN SAAT PEMBONGKARAN = ANALYSIS OF THE CAUSES OF CRACKING OF FLAT TOP BARGE DECK PLATES SENTOSA JAYA 3008 DUE TO LOADING POSITION DURING DISPOSAL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031181022_skripsi_04-01-2023 CAVER1.jpg

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031181022_skripsi_04-01-2023 BAB 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031181022_skripsi_04-01-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031181022_skripsi_04-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Hasrudin.2022. “Analisis Penyebab Keretakan Plate Geladak Flat Top Barge Sentosa Jaya 3008 Akibat Posisi Muatan Saat Pembongkaran” (dibimbing oleh Hamzah dan Ganding Sitepu).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah jumlah dan posisi tumpukan muatan pada barge menjadi penyebab terjadinya retakan plate deck pada barge Sentosa Jaya 3008. Pada penelitian ini dilakukan simulasi numerik pada model struktur barge bagian tengah yang mengelami retakan. Simulasi model dilakukan menggunakan applikasi software Ansys Mechanical APDL. Adapun variable yang dievaluasi pada penelitian ini adalah tegangan lentur dan deformasi rotasi sumbu lebar kapal (sumbu y). Dari hasil penelitian tegangan maksimum terjadi saat pengurangan ketebalan 25% pada daerah deck dengan dengan nilai tegangan ialah 150.84 N/mm2 sedangkan deformasi rotasi y terjadi pada ujung konstruksi dengan nilai deformasi sebesar 0.0034 radian. Nilai tegangan dan deformasi maksimum tersebut terjadi pada pembebanan dengan jumlah 4 tumpukan, dimana 2 tumpukan berada pada bagian haluan kapal dan buritan barge. Pembebanan dilakukan dengan asumsi barge sedangkan melakukan bongkar muat sehingga percepatan barge adala 0 m/s2 dan kondisi air tenang sehingga beban struktur hanya dipengaruhi oleh tekanan air, berat konstruksi dan berat muatan.

Keywords : barge, flat top barge, deck, muatan, tegangan, deformasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: barge, flat top barge, deck, load, stress, deformation
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:16
Last Modified: 22 Jan 2024 06:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32312

Actions (login required)

View Item
View Item