INVESTIGASI EKSPERIMEN TAHANAN KAPAL PLANNING HULL DENGAN DEADRISE ANGLE 15 DERAJAT DAN STEPPED HULL BERBENTUK U = EXPERIMENTAL INVESTIGATION OF PLANNING HULL SHIP RESISTANCE WITH 15 DEGREE DEADRISE ANGLE AND U SHAPE STEPPED HULL


Syahruddin, Muhammad Saldi (2022) INVESTIGASI EKSPERIMEN TAHANAN KAPAL PLANNING HULL DENGAN DEADRISE ANGLE 15 DERAJAT DAN STEPPED HULL BERBENTUK U = EXPERIMENTAL INVESTIGATION OF PLANNING HULL SHIP RESISTANCE WITH 15 DEGREE DEADRISE ANGLE AND U SHAPE STEPPED HULL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031171518_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D031171518_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (945kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031171518_skripsi_09-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031171518_skripsi_09-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Seiring kemajuan zaman dan teknologi saat ini kapal cepat banyak mengalami perubahan guna mendapatkan desain kapal yang menjamin performa kapal saat berlayar dilautan, salah satunya pada modifikasi hull. Adapun jenis lambung kapal yang memiliki kecepatan tinggi, seperti kapala displacement, semi-planing, dan planning. Adapun modifikasi hull dalam perubahan bentuk lambung dengan Deadrise Angle serta penambahan bentuk Stepped. Adapun prinsip dasar dari penggunaan Stepped mengurangi luas permukaan basah (wetted surface area) karena timbulnya turbulensi dibawah badan kapal. Variasi deadrise angle yang digunakan pada penelitian ini adalah 15 derajat, Sedangkan desain bentuk Stepped yaitu Stepped U. Jumlah Stepped yang didesain dikategorikan menjadi 1, 2, dan 3 Stepped. Penelitian ini dilaksanakan melalui eksperimen yang dilakukan di Laboratorium Hidrodinamika kapal untuk mendapatkan kecepatan dan derajat trim model kapal, yang selanjutnya akan menjadi data dalam penentuan nilai tahanan menggunakan software maxsurf. Pada pengujian model penelitian ini didapatkan hasil analisis perubahan kecepatan yang lebih meningkat berpengaruh terhadap kenaikan trim kapal yang dianalisis menggunakan sofware maxsurf.. Berdasarkan analisa tahanan pada lambung deadrise angle 15 derajat Stepped U, diketahui bahwa tahanan total kapal cenderung meningkat seiring dengan penambahan jumlah Stepped serta peningkatan kondisi trim kapal. Pada model kapal 3 Stepped U memiliki nilai tahanan yang lebih kecil dibandingkan dengan model kapal 1 Stepped U dan 2 Stepped U. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penambahan Stepped pada model kapal dapat mengurangi tahanan kapal akibat dari pengurangan luas bidang basah kapal.

Keywords : Planing Hull, Stepped, Deadrise Angle, Tahanan Kapal, Software Maxsurf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Planing Hull, Stepped, Deadrise Angle , Ship Resistance, Software Maxsurf.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:22
Last Modified: 22 Jan 2024 06:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32305

Actions (login required)

View Item
View Item