Kurniawan, Yosila Putra (2023) Analisis Output spul Pada Motor Suzuki Shogun 110 cc Dengan Variasi Diameter Dan Banyak Lilitan Kawat = Spool Output Analysis on Suzuki Shogun 110cc Motors With Variations in Diameter and Many Wire Twists. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D021191123_skripsi_27-11-2023 caver1.jpg
Download (296kB) | Preview
D021191123_skripsi_27-11-2023 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
D021191123_skripsi_27-11-2023 dp.pdf
Download (657kB)
D021191123_skripsi_27-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Kendaraan hybrid adalah kombinasi dari dua sumber yang berbeda dari mesin yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dan dari motor listrik. Kendaraan yang dihasilkan adalah hemat bahan bakar dan memancarkan karbon dioksida lebih rendah dari mesin pembakaran standard. Motor hibrida memiliki banyak keunggulan, dari segi bahan bakar motor hybrid memiliki efisiensi yang tinggi sehingga penggunaan bahan bakar menjadi lebih hemat. Dari segi gas buang motor hybrid memiliki emisi gas buang yang lebih baik dibanding motor lainnya. Baterai merupakan salah satu komponen paling penting pada motor hybrid karena berfungsi sebagai wadah untuk menyimpan arus listrik. Baterai diperlukan untuk menyuplai arus listrik kendaraan yang juga harus didukung oleh sistem pengisian arus yang baik. Sistem pengisian harus mampu menyuplai kebutuhan arus listrik bagi semua beban kelistrikan, sehingga kapasitas arus pengisian maksimal yang tersedia harus lebih besar daripada jumlah total kebutuhan arus beban, Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja spul adalah dengan memperbesar diameter kawat dan menambah jumlah gulungan pada rotor spul dari standar yang ada. Diameter kawat dan jumlah gulungan kumparan pada rotor spul memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sistem kelistrikan. Semakin panjang kawat pada spul, maka semakin tinggi voltase yang dihasilkan. Selain itu, semakin besar kawat maka semakin besar arus yang dapat dihasilkan oleh spul. Dimana tegangan maksimum terjadi pada diameter kawat 0.50mm dengan lililtan kawat maksimum (200) pada putaran 3500rpm dimana nilai tegangan yang dihasilkan yaitu 41v dan tegangan minimum terjadi pada diameter asli spul dengan lilitan asli spul (69) pada putaran 1500rpm dimana nilai tegangan yang dihasilkan yaitu 12v. Dan kuat arus maksimum terjadi pada diameter kawat asli spul (1mm) dengan lilitan asli spul (69) pada putaran 3500rpm dimana nilai kuat arus yang dihasilkan adalah 5.5A dan kuat arus minimum terjadi pada diameter kawat 0.50mm pada jumlah lilitan kawat 200 pada putaran mesin 1500rpm dengan nilai kuat arus yang dihasilkan adalah 1.1A
Keywords : Kendaran Hybrid, Baterai, Kawat,Tegangan, Kuat Arus.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hybrid Vehicles, Batteries, Wire, Voltage, Current Strength. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 07 May 2024 06:00 |
Last Modified: | 07 May 2024 06:00 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32269 |