Luthfiandrie, Muh.riezqa Ashidqi (2023) ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN FIN TERHADAP HAMBATAN AERODINAMIKA PADA MODEL KENDARAAN DENGAN GEOMETRI MUKA 30° DAN 35° = ANALYSIS THE EFFECT OF A PARALLEL FIN ON AERODYNAMIC DRAG ON A VEHICLE MODEL WITH A 30° AND 35° FRONT GEOMETRY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D021181505_skripsi_04-08-2023 caver1.jpg
Download (287kB) | Preview
D021181505_skripsi_04-08-2023 bab 1-2.pdf
Download (2MB)
D021181505_skripsi_04-08-2023 dp.pdf
Download (3MB)
D021181505_skripsi_04-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2026.
Download (7MB)
Abstract (Abstrak)
Aerodinamika (ilmu gaya gerak) berasal dari bahasa Yunani yaitu air = udara dan dynamic = gaya gerak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aerodinamika adalah ilmu yang mempelajari tentang bergeraknya suatu benda di dalam udara. Tahanan Aerodinamika, gaya angkat aerodinamik, dan momen angguk aerodinamik memiliki pengaruh yang bermakna pada unjuk kendaraan pada kecepatan sedang dan tinggi. Peningkatan penekanan pada penghematan bahan bakar dan pada penghematan energi telah memacu keterkaitan baru dalam memperbaiki unjuk kerja aerodinamika pada jalan raya. Seiring dengan terus berkembang nya teknologi, para engineer industri otomotif berusaha menekan koefisien gaya tahanan (Cd) seminimal mungkin, sehingga konsumsi bahan bakar dapat diminimalisir.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh kontrol pasif berupa fin terhadap hambatan aerodinamika pada model kendaraan dengan geometri muka 30 ̊ dan 35 ̊ .
Penelitian dilakukan dengan dua pendekataan yaitu pendekataan komputasi memanfaatkan program Computational Fluid Dynamics (CFD) dan pendekatan eksperimental dengan menggunakan Subsonic wind Tunnel yang tersedia di laboratorium mekanika fluida. Untuk pendekataan komputasi diperoleh data berupa karakteristik aliran, koefisien tekanan (CP), dan koefisien drag (CD). Namun pada pendekataan eksperimental hanya difokuskan untuk memvalidasi koefisien drag memanfaatkan perangkat load cell. Terdapat tiga jenis fin yang digunakan dan penempatan posisi fin yaitu 1.5 mm yang diukur dari dinding belakang model uji. Kecepatan upstream yang dialirkan masing-masing 11.1 m/s, 13.9 m/s, 16.7 m/s, 19.4 m/s, 22.2 m/s.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penambahan kontrol pasif berupa fin dapat menunda separasi aliran dan memperkecil olakan pada bagian belakang model uji. Nilai koefisien tekanan minimum mampu ditingkatkan dan mengurangi nilai koefisien drag.
Keywords : CFD, fin, karakteristik aliran, koefisien tekanan, koefisien drag
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CFD, fin, flow characteristics, pressure coefficient, drag coefficient |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 07 May 2024 05:45 |
Last Modified: | 07 May 2024 05:45 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32261 |