ANALISIS KEPUASAN PASIEN DAN KELUARGA TERHADAP KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP BLUD RS BENYAMIN GULUH KOLAKA


Ayu Lestari Fajar, Vilbra (2024) ANALISIS KEPUASAN PASIEN DAN KELUARGA TERHADAP KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP BLUD RS BENYAMIN GULUH KOLAKA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of R012211042_tesis_20-12-2023 cover1.png]
Preview
Image
R012211042_tesis_20-12-2023 cover1.png

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of R012211042_tesis_20-12-2023 1-2.pdf] Text
R012211042_tesis_20-12-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of R012211042_tesis_20-12-2023 dp.pdf] Text
R012211042_tesis_20-12-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of R012211042_tesis_20-12-2023.pdf] Text
R012211042_tesis_20-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Fajar Vilbra Ayu Lestari. Analisis Kepuasan Pasien dan Keluarga terhadap Komunikasi Terapeutik Perawat di Ruang Rawat Inap Blud RS Benyamin Guluh Kolaka (dibimbing oleh Rini Rachmawaty dan Suni Hariati)
Latar Belakang: Kepuasan pasien dan keluarga adalah indikator pertama dari standar suatu Rumah Sakit yang merupakan suatu ukuran mutu pelayanan. Pelaksanaan komunikasi terapeutik yang baik dapat meningkatkan kepuasan pelayanan keperawatan yang dirasakan oleh pasien maupun keluarga.
Tujuan: Menganalisis kepuasan pasien dan keluarga terhadap komunikasi terapeutik perawat di Ruang Rawat Inap BLUD RS Benyamin Guluh Kolaka.
Metode: Kuantitatif deskriptif analitik melibatkan 168 responden dan 16 partisipan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis univariat digunakan mendeskripsikan hasil temuan.
Hasil: komunikasi terapeutik perawat di ruang rawat inap BLUD RS Benyamin Guluh Kolaka sebagian besar berada pada kategori cukup baik, sedangkan kepuasan pasien dan keluarga juga menunjukkan sebagian besar berada pada kategori cukup puas. Penyebab ketidakpuasan pasien dan keluarga sebagian besar karena faktor bahasa sehingga komunikasi dengan perawat menjadi terganggu dan beban kerja yang tinggi menyebabkan perawat tidak dapat menerapkan komunikasi terapeutik dengan pasien maupun keluarga dengan baik
Kesimpulan: Kepuasan pasien dan keluarga terhadap komunikasi terapeutik perawat di ruang rawat inap belum optimal, faktor bahasa dan beban kerja perawat menjadi salah satu penghambatan belum optimalnya komunikasi terapeutik perawat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 06 May 2024 01:54
Last Modified: 06 May 2024 01:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32002

Actions (login required)

View Item
View Item