Analisis Saluran Distribusi Minuman Jahe Instan "Sukma Jahe" pada UMKM Monity Jaya Bersama = Distribution Channel Analysis Of Instant Ginger Drink “Sukma Jahe” On UMKM Monity Jaya Bersama


Larasati, Niken Diah (2023) Analisis Saluran Distribusi Minuman Jahe Instan "Sukma Jahe" pada UMKM Monity Jaya Bersama = Distribution Channel Analysis Of Instant Ginger Drink “Sukma Jahe” On UMKM Monity Jaya Bersama. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021191095_skripsi_09-11-2023 CAVER1.jpg

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021191095_skripsi_09-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (908kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021191095_skripsi_09-11-2023 DP.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021191095_skripsi_09-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Persaingan dalam dunia bisnis diseluruh dunia semakin tinggi dan ketat terlebih khusus di Indonesia, karena setiap UMKM senantiasa berusaha untuk mendapatkan pangsa pasar yang setiap harinya diharapkan akan selalu bertumbuh. UMKM Monity Jaya Bersama adalah salah satu unit usaha yang melakukan pengolahan hasil pertanian. UMKM ini menggunakan komoditi jahe merah yang kemudian diolah menjadi produk utamanya yaitu minuman jahe instan (sarabba) yang dikenal dengan merek “Sukma Jahe”. Saat ini, mulai banyak pesaing yang bermunculan dan berpotensi untuk merebut pangsa pasar, sehingga UMKM Monity Jaya Bersama ingin mengembangkan bisnisnya dengan menjangkau lebih banyak kon dari seluruh Indonesia. Pemilihan saluran distribusi yang tepat akan memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk sedangkan saluran distribusi yang kurang tepat akan mengakibatkan produk bagus dianggap tidak bermanfaat oleh konsumen karena melewati batas kebutuhan konsumen. UMKM Monity Jaya Bersama harus tepat dalam menetapkan strategi saluran distribusi yang akan digunakan oleh UMKM Monity Jaya Bersama untuk memberikan keuntungan bagi
perusahaan dan menyaingi produsen lainnya. Oleh karena itu, diperlukan analisis saluran distribusi yang bertujuan untuk mengetahui saluran distribusi pada UMKM Monity Jaya Bersama serta untuk mengetahui saluran distribusi manakah yang paling efisien pada UMKM Monity Jaya Bersama. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis efisiensi distribusi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat tiga saluran distribusi yang digunakan UMKM Monity Jaya Bersama dan saluran 3 (produsen-konsumen) merupakan saluran distribusi yang paling efisien pada UMKM Monity Jaya Bersama.

Keywords : UMKM Monity Jaya Bersama, Saluran Distribusi, Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: UMKM Monity Jaya Bersama, Distribution Channels, Consumers
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:28
Last Modified: 19 Apr 2024 07:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31802

Actions (login required)

View Item
View Item