Suhaimah, Alfiah Ummah (2022) ANALISIS KAMPANYE POLITIK BUPATI TERPILIH ANDI SYAFRIL CHAIDIR SYAM DAN SUHARTINA BOHARI DALAM PILKADA KABUPATEN MAROS 2020. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
E022201019_tesis_19-09-2022 cover1.jpg
Download (198kB) | Preview
E022201019_tesis_19-09-2022 dapus.pdf
Download (2MB)
E022201019_tesis_19-09-2022 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
E022201019_tesis_19-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2025.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
ALFIAH UMMAH SUHAIMAH. Analisis Kampanye Politik Bupati Terpilih Andi Syafril Chaidir Syam dan Suhartina Bohari pada Pilkada Kabupaten Maros Tahun 2020 “dibimbing oleh” Muh. Iqbal Sultan dan Arianto.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media kampanye politik, gaya dan pola komunikasi, serta bentuk kampanye politik bupati terpilih Chaidir Syam-Suhartina Bohari dalam Pilkada Kabupaten Maros 2020.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi lapangan dengan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian adalah: peran media kampanye politik sebagai penyampai informasi, penyalur aspirasi, pembentuk opini publik, pengalihan isu, branding politik atau pencitraan politik sangat menentukan dalam mendulang suara sebagai pemenang dalam pilkada Maros 2020. Pola dan gaya komunikasi yang dibangun pada kampanye politik bupati terpilih pasangan Chaidir Syam-Suhartina Bohari dalam Pilkada Kabupaten Maros 2020 adalah: pola komunikasi intrapersonal, interpersonal, komunikasi publik, komunikasi massa dengan perpaduan: gaya komunikasi egaliter, berstruktur, dinamik, dan relinguis. Bentuk kampanye politik bupati terpilih pasangan Chaidir Syam-Suhartina Bohari pada Pilkada Kabupaten Maros 2020 adalah luring dan daring berupa kampanye rapat umum terbatas peserta (debat terbuka antarpasangan calon, debat publik), tatap muka dan dialog (silaturahmi/door to door), kampanye organisasi (dialog virtual dengan berbagai komunitas), pentas seni/konser musik virtual, jalan dan sepeda santai, donor darah, alat peraga kampanye, serta memaksimalkan pemanfaatan media elektronik, radio FM, Maros TV, media cetak, poster, pamplet, brosur, video, media interaktif digital, web, media sosial, media berita online, podcast, dan youtube.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kampanye, Pilkada, Masa Pandemi Covid-19. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | S.I.P Zohrah Djohan |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 09:00 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 09:00 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31725 |