Ukke, Indo Tenri (2023) STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM PADA UNIT USAHA GALLERY KARESO ANATOWA DI KABUPATEN LUWU TIMUR = Marketing Strategy for UMKM Products at the Gallery Kareso Anatowa Business Unit in East Luwu Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E071191057_skripsi_15-11-2023 CAVER1.jpg
Download (233kB) | Preview
E071191057_skripsi_15-11-2023 BAB 1-2.pdf
Download (1MB)
E071191057_skripsi_15-11-2023 DP.pdf
Download (1MB)
E071191057_skripsi_15-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 December 2025.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Indo Tenri Ukke (E071191057). Strategi Pemasaran Produk UMKM Pada Unit Usaha Gallery Kareso Anatowa di Kabupaten Luwu Timur. Dibawah bimbingan Dr. Muhammad Basir, MA dan Hardiyanti Munsi, S.Sos., M.Si. Program Studi Antropologi Sosial, Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan strategi-strategi dan efektivitas pemasaran produk yang dilakukan oleh BUMDESMA Anatowa Otolu dalam mengelola unit usaha Gallery Kareso Anatowa. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur dan berlangsung selama bulan Februari 2023 - Juli 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif-kualitatif. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive atau penentuan informan secara sengaja dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipasi (participation observation) dan wawancara mendalam (in-depth interview) dan studi pustaka terhadap literatur yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk UMKM yang dilakukan oleh BUMDESMA Anatowa Otolu dalam mensejahterakan masyarakat dengan meningkatkan pemasaran produk UMKM, yakni melakukan pemasaran produk dengan memperbaiki jenis produk, kemasan, target pasar, kebijakan harga, pengaturan produk, promosi produk, dan memperbaiki pelayanan serta melihat persaingan pasar. Produk dipasarkan melalui beberapa strategi yakni promosi produk melalui stand booth, melakukan kerjasama dengan mitra perusahaan dalam menyediakan goodie bag, dan pemasaran melalui media sosial Instagram. Dengan menggunakan strategi pemasaran tersebut semua jenis produk dapat dipasarkan di unit usaha Gallery Kareso Anatowa. Kemudian untuk melihat efektivitas dan keberhasilan strategi pemasaran produk yang dilakukan BUMDESMA di Gallery Kareso Anatowa, yakni dengan melihat ketepatan dalam pemilihan tenaga kerja, pendampingan kepada pelaku UMKM, pencapaian tujuan strategi pemasaran, dan melakukan evaluasi pelaksanaan pemasaran produk. Pemilihan tenaga kerja yang tepat dan melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM dilakukan BUMDESMA sebagai modal sosial dalam membangun kepercayaan kepada pelaku UMKM dalam melakukan pemasaran. Hal ini disebabkan karena dalam pelaksanaan pemasaran produk yang terdapat di Gallery Kareso Anatowa dilakukan bersama karyawan dan pelaku UMKM. Sehingga efektivitas dan keberhasilan BUMDESMA dapat terlihat apabila kelangsungan kerjasama BUMDESMA dengan pelaku UMKM terus terjalin.
Keywords : Strategi Pemasaran, BUMDESMA, UMKM, Modal Sosial, Efektivitas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing strategy, BUMDESMA, UMKM, Social capital, Effectiveness |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Sosial |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 03:56 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 03:56 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31537 |