Analisa Penerapan Job Safety Analysis (JSA) pada Pekerjaan Reparasi Kapal di PT. Afta Tehnik Mandiri Shipyard Makassar = Analysis of the Application of Job Safety Analysis (JSA) in Ship Repair Work at PT. Afta Teknik Mandiri Shipyard Makassar


Purba, Tomy Benolexmana (2023) Analisa Penerapan Job Safety Analysis (JSA) pada Pekerjaan Reparasi Kapal di PT. Afta Tehnik Mandiri Shipyard Makassar = Analysis of the Application of Job Safety Analysis (JSA) in Ship Repair Work at PT. Afta Teknik Mandiri Shipyard Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D091171501_skripsi_08-08-2023 caver1.jpg

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D091171501_skripsi_08-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D091171501_skripsi_08-08-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D091171501_skripsi_08-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 December 2025.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

TOMY BENOLEXMANA PURBA. Analisa Penerapan Job Safety Analysis (JSA) pada Pekerjaan Reparasi Kapal di PT. Afta Tehnik Mandiri Shipyard Makassar (dibimbing oleh Haryanti Rivai dan Baharuddin)
Potensi bahaya yang tinggi dan kecelakaan kerja yang terjadi pada PT. Afta Tehnik Mandiri Shipyard Makassar khususnya pada pekerjaan reparasi kapal memerlukan perhatian lebih, beberapa penyebabnya adalah perilaku tindakan tidak aman yang dilakukan oleh pekerja, kurangnya pengawasan dan pengecekan atau inspeksi peralatan kerja. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahaya dan risiko pada pekerjaan reparasi kapal, menganalisa tingkat risiko pada setiap pekerjaan, dan merumuskan langkah pengendalian risiko pada setiap bahaya yang ada pada pekerjaan reparasi kapal. Dalam mengidentifikasi bahaya dan risiko metode yang digunakan adalah Job Safety Analysis (JSA), untuk mengetahui nilai risiko maka harus menentukan tingkat kemungkinan suatu kejadian (Likelihood) dan tingkat keparahan yang di timbulkan (Severity), setelah itu gunakan tabel matriks untuk mengetahui peringkat risiko, dan pengendalian risiko berdasarkan standar ILO code of practice: safety and health in shipbuilding and ship repair (revised edition). Terdapat 6 jenis pekerjaan pada reparasi kapal yaitu sandblasting dan painting, replating, pemeliharaan rantai dan jangkar kapal, pemeliharaan propeller dan poros propeller, tank cleaning dan pemeliharaan tongkat kemudi, potensi bahaya yang teridentifikasi sejumlah 67 dengan uraian tingkat risiko ekstrim ada 4, tingkat risiko tinggi ada 33, tingkat risiko sedang ada 29, dan tingkat risiko rendah ada 1 pada 6 pekerjaan reparasi kapal.

Kata Kunci: Job Safety Analysis, Reparasi Kapal, ILO, Potensi Bahaya, Tingkat Risiko

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Job Safety Analysis, Ship Repair, ILO, Hazard Potential, Risk Level
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:08
Last Modified: 19 Dec 2023 02:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31425

Actions (login required)

View Item
View Item