Idris, Sitti Nurmaipa Deapati (2023) Analisis Kuat Tekan Beton dan Laju Karbonasi Lantai Dermaga di Pelabuhan Paotere = Analysis Of Concrete Compressive Strength and Carbonation Rate of the Wharf Floor at the Paotere Port. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D081191036_skripsi_16-11-2023 caver1.jpg
Download (781kB) | Preview
D081191036_skripsi_16-11-2023 bab 1-2.pdf
Download (9MB)
D081191036_skripsi_16-11-2023 dp.pdf
Download (2MB)
D081191036_skripsi_16-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 December 2025.
Download (18MB)
Abstract (Abstrak)
Salah satu fasilitas vital yang dimiliki oleh Pelabuhan Paotere untuk menunjang kelancaran operasinya adalah keberadaan dermaga yang menjadi penghubung antara aktivitas darat dan laut seperti kegiatan loading-unloading (bongkar muat). Berdasarkan observasi lapangan, terdapat beberapa kerusakan pada lantai dermaga di Pelabuhan Paotere yang dapat berdampak pada melemahnya struktur beton dermaga tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kuat tekan beton 10 dermaga di Pelabuhan Paotere memfokuskan pada lantai dermaga dengan pengujian non destructive test menggunakan alat hammer test untuk memperkirakan kekuatan tekan beton secara cepat. Selain itu, dengan menguji laju karbonasi dari tiap dermaga di Pelabuhan Paotere dengan menyemprotkan cairan fenolftalein (indikator pH) untuk dapat mengetahui kedalaman karbonasi dari struktur beton. Metode yg digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang sistematis terhadap fenomena sebab-akibatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 dermaga yang memiliki nilai kuat tekan beton yang di bawah nilai minimum untuk bangunan laut yaitu dermaga 1 (232,95 kg/cm²), dermaga 8 (288,46 kg/cm²) dan dermaga 10 (285,55 kg/cm²). Laju karbonasi untuk setiap dermaga di Pelabuhan Paotere yang memiliki laju karbonasi terbesar adalah dermaga 1. Hal tersebut diakibatkan karena kedalaman karbonasi cenderung akan menjadi besar pada lokasi dengan tingkat kerusakan tinggi. Dari kerusakan yang terjadi dapat diberikan solusi yang dapat ditawarkan terhadap setiap kerusakan yang terjadi di lantai dermaga tersebut, yaitu metode perbaikan patching untuk kerusakan keropos dan pengelupasan sementara metode injeksi bahan epoxy resin untuk kerusakan retak lantai. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa dermaga 1 memiliki tingkat kerusakan yang lebih tinggi sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut terkait analisis struktur dermaganya.
Keywords : Kerusakan Dermaga, Pelabuhan Paotere, Kuat Tekan Beton, Hammer Test, Karbonasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kerusakan Dermaga, Pelabuhan Paotere, Kuat Tekan Beton, Hammer Test, Karbonasi. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Kelautan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 06:40 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 06:40 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31402 |