Fitriani, Wahyuna (2023) ANALISIS PENGERUKAN DI DEPAN PINTU DOCK SEMARANG DAN ALUR SUPITAN PT. PAL INDONESIA = ANALYSIS OF DREDGING IN THE FRONT SEMARANG DOCK AND SUPITAN FLOW PT. PAL INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D081191008_skripsi_16-11-2023 CAVER1.jpg
Download (229kB) | Preview
D081191008_skripsi_16-11-2023 BAB 1-2.pdf
Download (1MB)
D081191008_skripsi_16-11-2023 DP.pdf
Download (2MB)
D081191008_skripsi_16-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 December 2025.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
PT. PAL Indonesia terletak di bagian utara kota Surabaya, Ibukota Provinsi Jawa Timur yang merupakan dermaga tertutup dengan bentuk fisik dermaga tipe pier yang pintu masuk kolam labuhnya bersebelahan dengan muara sungai Kalimas dan langsung berhadapan dengan selat Madura. Pada studi ini menganalisis pengerukan di depan pintu dock Semarang dan alur supitan PT. PAL Indonesia yang memiliki kedalaman 3 meter sehingga dapat menghambat keluar-masuknya kapal dari PT. PAL Indonesia yang memiliki draft 4-6 meter. Pengerukan dilakukan untuk menciptakan pelabuhan baru, tempat berlabuh atau jalur air, atau untuk memperdalam fasilitas yang ada agar memungkinkan kapal dengan sarat yang besar dapat mengaksesnya. Analisis ini bertujuan untuk menentukan jenis kapal keruk yang digunakan sesuai dengan kondisi tanah dan kondisi perairan area keruk PT. PAL Indonesia, waktu keruk, menghitung volume keruk, dan menghitung rencana anggaran biaya pengerukan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Pengumpulan data primer yaitu data batimetri lokasi pengerukan di PT. PAL Indonesia yang diperoleh secara langsung pada lokasi penelitian, sedangkan untuk data sekunder yaitu data tanah yang diperoleh dari Perusahaan PT.PAL Indonesia dan data pasang surut air laut lokasi penelitian diperoleh dari website Badan Informasi Geospasial. Metode perhitungan luas dan volume keruk menggunakan rumus Simpson.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengerukan dilakukan dengan menggunakan jenis kapal grab dredger, dengan luas area keruk depan pintu dock Semarang yaitu 3.150 m2 dengan 8 potongan segmen yang berjarak masing-masing 10 meter, sedangkan luas area keruk di area alur supitan yaitu 10.500 m2 dengan pembagian segmen-segmennya dibagi menjadi 10 potongan yang jaraknya masing-masing 15 meter. Total volume keruk mencapai 43.600 m3 dengan lama pengerjaan 18 hari, dan total biaya sebesar Rp.5.899.652.000.
Keywords : biaya, pengerukan, PT. PAL Indonesia, volume keruk, waktu keruk.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | C00osts, Dredging, Dredging Time, Dredging Volume, PT. PAL Indonesia. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Kelautan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 03:44 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 03:44 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31388 |