Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Pelayanan Pada Terminal Penumpang Anging Mammiri Pelabuhan Makassar = Analysis of service user satisfaction with service at the Anging Mammiri passenger terminal of Makassar Port


Gunawan, Didin Ahmad (2023) Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Pelayanan Pada Terminal Penumpang Anging Mammiri Pelabuhan Makassar = Analysis of service user satisfaction with service at the Anging Mammiri passenger terminal of Makassar Port. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D081181016_skripsi_03-05-2023 cover1.jpg

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D081181016_skripsi_03-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D081181016_skripsi_03-05-2023 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D081181016_skripsi_03-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 December 2025.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu faktor utama yang menjadi acuan dalam menilai kualitas suatu sarana layanan publik adalah kepuasan penggunanya. Maka dari itu, Pelabuhan Makassar sebagai pelabuhan utama dan terbesar di kawasan Indonesia Timur dianggap sebagai salah satu layanan publik yang perlu untuk mendapat perhatian lebih agar permasalahan yang ada kemudian dapat diketahui dan diatasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan penumpang sebagai pengguna jasa terhadap pelayanan pada Terminal Penumpang Anging Mammiri Pelabuhan Makassar, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data primer berupa kuesioner, wawancara, dan observasi, serta data sekunder dengan studi literatur dan dokumentasi. Sampel penelitian berjumlah 106 orang diambil dari 144 orang populasi. Pengolahan data dilakukan melalui proses editing, scoring, dan tabulating. Analisis data dilakukan dengan perhitungan persentase, analisis rata-rata, dan penafsiran skor.
Hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan di terminal penumpang Pelabuhan Makassar berada pada angka 3,17 atau dalam rentang kategori Baik.

Keywords : kepuasan, penumpang, dan pelabuhan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: satisfaction, passengers, and port
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Kelautan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:16
Last Modified: 25 Mar 2024 03:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31385

Actions (login required)

View Item
View Item