Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kualitas Laporan Keuangan pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai Pemoderasi = Analysis of the Factors Influencing Financial Report Quality of the Ministry of Public Works and Public Housing with Information Technology Utilization as Moderation Variable


Karina, Rieni (2023) Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kualitas Laporan Keuangan pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai Pemoderasi = Analysis of the Factors Influencing Financial Report Quality of the Ministry of Public Works and Public Housing with Information Technology Utilization as Moderation Variable. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A062212044_tesis_01-08-2023 caver1.jpg

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A062212044_tesis_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A062212044_tesis_01-08-2023 dp.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A062212044_tesis_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 December 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintah, kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian internal, komitmen organisasi, dan gaya kepemimpinan terhadap kualitas laporan keuangan dengan pemanfaatan teknologi informasi sebagai pemoderasi pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sebanyak 178 responden berpartisipasi dalam penelitian yang dilakukan di Kementerian PUPR dengan sampel sebanyak 89 unit kerja dengan pemilihan sampel purposive sampling. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data primer dengan menggunakan metode survei. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan analisis regresi moderat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan standar akuntansi pemerintahan, kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian intern, komitmen organisasi, dan gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Hal ini terlihat dari tingkat signifikansi masing-masing variabel pada uji-t analisis regresi linier berganda tanpa moderasi adalah kurang dari 5% dan (2) pemanfaatan teknologi informasi yang terdiri atas perangkat, pengelolaan data keuangan dan pemeliharaan dapat memoderasi secara positif interaksi variabel penerapan standar akuntansi pemerintah, interaksi komitmen organisasi terhadap kualitas laporan keuangan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Akan tetapi, interaksi kompetensi sumber daya manusia dengan pemanfaatan teknologi informasi dapat memoderasi dan berpengaruh secara negatif terhadap kualitas laporan keuangan. Sedangkan pemanfaatan teknologi informasi tidak dapat memoderasi Interaksi sistem pengendalian internal dan interaksi gaya kepemimpinan terhadap kualitas laporan keuangan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berdasarkan pada uji t analisis regresi moderat (MRA).

Keywords : kualitas laporan keuangan, pemanfaatan teknologi informasi, penerapan standar akuntansi pemerintah, kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian internal, komitmen organisasi, gaya kepemimpinan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: financial report quality, information technology utilisation, application of government accounting standard, human resource competency, internal control system, organizational commitment, leadership style.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:01
Last Modified: 25 Mar 2024 03:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31376

Actions (login required)

View Item
View Item