Sukardin, Muh. Setiawan (2023) KAJIAN AERODINAMIKA KOMBINASI KONTROL PASIF DAN AKTIF ALIRAN PADA MODEL KENDARAAN VAN = A STUDY ON THE AERODYNAMICS OF COMBINED FASSIVE-ACTIVE FLOW CONTROLS ON VAN MODEL VEHICLES. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.
P1400316001_disertasi cover1.png
Download (143kB) | Preview
P1400316001_disertasi 1-2.pdf
Download (1MB)
P1400316001_disertasi dp.pdf
Download (7MB)
P1400316001_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 December 2025.
Download (14MB)
Abstract (Abstrak)
MUH. SETIAWAN SUKARDIN. Kajian Aerodinamika Kombinasi Kontrol Pasif dan Aktif Aliran pada Model Kendaraan Van. (dibimbing oleh Nasaruddin Salam, Jalaluddin, Rustan Tarakka)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode kontrol separasi aliran turbulen secara pasif dan aktif yang dapat diterapkan dalam mengurangi area separasi sehingga memperkecil drag aerodinamika pada model kendaraan van. Penelitian ini telah dilaksanakan dengan mengembangkan model kombinasi kontrol pasif dan aktif separasi aliran melalui pendekatan komputasi (aplikasi CFD). Hasil pendekatan komputasi telah divalidasi melalui pengujian eksperimental pada model kendaraan van. Pada penelitian ini digunakan model uji disederhanakan dalam bentuk reversed Ahmed body yang mengkombinasikan kontrol pasif (dimple) dan kontrol aktif (blowing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kombinasi kontrol pasif dan kontrol aktif mampu mengurangi area separasi sehingga mereduksi drag aerodinamika pada model kendaraan van. Reduksi drag aerodinamika tertinggi dicapai pada kecepatan upstream 22.2 m/s, dengan kombinasi konfigurasi dimple 2 baris zigzag, dan kecepatan blowing, Ubl 1.5 m/s diperoleh 14.17% untuk pendekatan komputasi serta 14.10% untuk pendekatan eksperimental.
MUH. SETIAWAN SUKARDIN. Kajian Aerodinamika Kombinasi Kontrol Pasif dan Aktif Aliran pada Model Kendaraan Van. (dibimbing oleh Nasaruddin Salam, Jalaluddin, Rustan Tarakka)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode kontrol separasi aliran turbulen secara pasif dan aktif yang dapat diterapkan dalam mengurangi area separasi sehingga memperkecil drag aerodinamika pada model kendaraan van. Penelitian ini telah dilaksanakan dengan mengembangkan model kombinasi kontrol pasif dan aktif separasi aliran melalui pendekatan komputasi (aplikasi CFD). Hasil pendekatan komputasi telah divalidasi melalui pengujian eksperimental pada model kendaraan van. Pada penelitian ini digunakan model uji disederhanakan dalam bentuk reversed Ahmed body yang mengkombinasikan kontrol pasif (dimple) dan kontrol aktif (blowing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kombinasi kontrol pasif dan kontrol aktif mampu mengurangi area separasi sehingga mereduksi drag aerodinamika pada model kendaraan van. Reduksi drag aerodinamika tertinggi dicapai pada kecepatan upstream 22.2 m/s, dengan kombinasi konfigurasi dimple 2 baris zigzag, dan kecepatan blowing, Ubl 1.5 m/s diperoleh 14.17% untuk pendekatan komputasi serta 14.10% untuk pendekatan eksperimental.
Keywords : drag aerodinamika, kontrol Pasif, kontrol Aktif, dimple, blowing
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aerodynamic Drag, Passive Control, Active Control, Dimple, Blowing |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 03:14 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 03:14 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30949 |