Kepuasan Masyarakat Dalam Program Motor Pelayanan Lorong Ta' Di Kecamatan Rappocini Kota Makassar = Community Satisfaction in the Ta Lorong Service Motorcycle Program in Rappocini District, Makassar City


Herlani, Herlani (2023) Kepuasan Masyarakat Dalam Program Motor Pelayanan Lorong Ta' Di Kecamatan Rappocini Kota Makassar = Community Satisfaction in the Ta Lorong Service Motorcycle Program in Rappocini District, Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011191062_skripsi_01-08-2023 caver1.jpg

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011191062_skripsi_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (840kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011191062_skripsi_01-08-2023 dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011191062_skripsi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2025.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Herlani (E011191062). Kepuasan Masyarakat dalam Program Motor Pelayanan Lorong Ta’ di Kecamatan Rappocini Kota Makassar : 119 halaman + 46 Tabel + 6 Gambar + 37 Pustaka (1997-2018)
Pada hakikatnya pelayanan publik merupakan kewajiban aparatur negara atau pemerintah kepada masyarakat sebagai bentuk pemberian pelayanan sebagaimana amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menjelaskan bahwa, pemerintah wajib untuk memberikan layanan kepada masyarakat dalam pemenuhan hak dan kebutuhan dasarnya dalam hal pelayanan publik. Kegiatan pelayanan yang diberikan pemerintah daerah akan dinilai dari tingkat kepuasan masyarakat. Penilaian yang diberikan masyarakat menentukan ukuran kinerja pelayanan publik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan publik dengan mengukur tingkat kepuasan masyarakat dalam Program Motor Pelayanan Lorong Ta’ di Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi yang dijadikan obyek penelitian dalam skripsi ini yaitu seluruh pengguna layanan Motor Lorong Ta’ di Kecamatan Rappocini tercatat sebanyak 11 Kelurahan yang sudah menjalankan program Motor Lorong Ta’. Teknik Pengambilan sampel menggunakan metode acak atau random sampling/probability sampling dengan teknik Cluster Random Sampling, Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan kuisioner yang dibagikan secara langsung. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan metode tabel frekuensi yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat dalam program motor pelayanan Lorong Ta’.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat puas terhadap pelayanan dari program Motor Pelayanan Lorong Ta’ dengan nilai frekuensi yaitu 0,74 yang menurut pedoman interpretasi koefisien interval berada pada skor 0,51 – 0,75 masuk dalam kategori tinggi atau sebesar 74%.

Kata Kunci : Pelayanan publik, Kepuasan masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Public service, Community satisfaction
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 06:46
Last Modified: 26 Mar 2024 06:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30540

Actions (login required)

View Item
View Item