Rahimah, Rahimah (2023) Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan SI JELITA HATI di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang = Population Administration Service Innovation SI JELITA HATI at the Population and Civil Registration Office of Pinrang Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E011191059_skripsi_01-08-2023 caver1.jpg
Download (196kB) | Preview
E011191059_skripsi_01-08-2023 bab 1-2.pdf
Download (570kB)
E011191059_skripsi_01-08-2023 dp.pdf
Download (524kB)
E011191059_skripsi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 November 2025.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
RAHIMAH (E011191059), Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan “Si Jelita Hati”Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang. 91 Halaman + 15 Gambar + 10 Tabel + 8 Lampiran + Dibimbing Oleh Muh. Tang Abdullah dan Irma Ariyanti.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi pelayanan publik SI JELITA HATI di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu untuk menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti. Fokus penelitian ini pada teori atribut inovasi oleh Rogers (2003) yaitu: Relative Advantage (Keuntungan Relatif), Compatibility (kesesuaian),Complexity (Kerumitan), Triability (Kemungkinan Dicoba), Observability (Kemudahan Diamati).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan sudah cukup baik namun untuk bagian perluasannya masih perlu ditingkatkan lagi penerapannya di tempat bersalin, hal ini didasarkan pada indicator tolak ukur yang di kemukakan oleh Rogers 2003. Dimana pada atribut relative advantage diketahui bahwa keuntungan dari adanya inovasi pelayanan SI JELITA HATI adalah memudahkan masyarakat dalam mengurus akta kelahiran selain menghemat waktu, juga menghemat biaya. Pada atribut compatibility menjelaskan bahwa inovasi pelayanan UP3SK sesuai dengan keinginan masyarakat dalam proses pengurusan dokumen yang lebih mudah. Atribut complexity menjelaskan bahwa tidak ada kerumitan dalam inovasi ini dan juga dalam proses pelayanan . Atribut triability juga menjelaskan bahwa adanya fase uji coba kepada masyarakat dalam pelayanan SI JELITA HATI . Pada atribut observability menunjukkan bahwa selama pelayanan SI JELITA HATI berjalan, telah sesuai dengan keinginan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang yakni untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen penting.
Keywords : Inovasi, Pelayanan Publik, Si Jelita Hati
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Innovation, Public Service, The Beautiful Heart |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 06:35 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 06:35 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30536 |