Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan = Strategy for Improving the Quality of Technology-Based Public Services at the Investment and One-Stop Services Office of South Sulawesi Province


Ikhwan, Muhammad Fitrah (2023) Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan = Strategy for Improving the Quality of Technology-Based Public Services at the Investment and One-Stop Services Office of South Sulawesi Province. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011191030_skripsi_01-08-2023 caver1.jpg

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011191030_skripsi_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011191030_skripsi_01-08-2023 dp.pdf

Download (672kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011191030_skripsi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Pelayanan publik yang berkualitas adalah faktor kunci dalam pembangunan suatu daerah. Dalam konteks Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi Selatan, peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi prioritas untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dan memfasilitasi investasi di daerah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan strategi peningkatan kualitas pelayanan publik di DPMPTSP menggunakan metode penelitian kualitatif.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Adapun data sekunder dari Rencana Strategis DPM-PTSP Provinsi Sulawesi Selatan dengan menggunakan empat indikator e-strategy menurut Richard Eko Indrajit (2016) yaitu e-vision, governance, strategy, plan, policies, dan resource assesment.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan publik berbasis teknologi sangat penting untuk dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Dalam hal ini, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan sebagai salah satu dinas yang menerapkan strategi ini berhasil meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan mengimplementasikan berbagai kebijakan dan program berbasis teknologi seperti e-Sulawesi Selatan dan Peraturan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan tentang Pelayanan Publik Berbasis Teknologi.

Kata Kunci : Strategi, Kualitas Pelayanan, E-Government

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategy, Quality Service, E-Government
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 06:27
Last Modified: 26 Mar 2024 06:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30528

Actions (login required)

View Item
View Item