Analisis Performa Arsitektur MVVM Dan MVP pada Aplikasi Android Menggunakan Fitur Networking (Studi Kasus: Aplikasi Monitoring Mahasiswa) = Performance Analysis of MVVM and MVP Architectures on Android Applications Using Networking Features (Case Study: Student Monitoring Application)


Yusril, Yusril (2023) Analisis Performa Arsitektur MVVM Dan MVP pada Aplikasi Android Menggunakan Fitur Networking (Studi Kasus: Aplikasi Monitoring Mahasiswa) = Performance Analysis of MVVM and MVP Architectures on Android Applications Using Networking Features (Case Study: Student Monitoring Application). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D121171007_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D121171007_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D121171007_skripsi_09-05-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D121171007_skripsi_09-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Aplikasi Android merupakan aplikasi GUI paling populer yang berjalan di perangkat seluler, lebih menekankan pada pengoptimalan kinerja daripada perangkat lunak tradisional (misalnya, aplikasi GUI desktop) karena sumber dayanya yang terbatas. Oleh karena itu performa adalah aspek yang harus diperhatikan dalam pengembangan aplikasi android agar aplikasi yang dibangun dapat berjalan dengan maksimal pada perangkat android. Arsitektur yang digunakan dalam pengembangan aplikasi dapat berpengaruh terhadap performa aplikasi. Hal ini bisa menjadi tantangan bagi para pengembang aplikasi android untuk membuat aplikasi dengan performa yang maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui arsitektur terbaik pada aplikasi android dengan fitur networking berdasarkan performanya. Arsitektur yang diteliti adalah Model View ViewModel (MVVM) dan Model View Presenter (MVP) dengan aspek performa yang diukur adalah penggunaan CPU, penggunaan memori dan waktu eksekusi aplikasi pada perangkat android, serta jumlah dan ukuran baris kode (line of code) pada pengembangan android. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi dengan arsitektur MVVM unggul pada empat aspek performa yang diujikan yaitu penggunaan memori, waktu eksekusi, jumlah dan ukuran baris kode. Rata-rata penggunaan memori pada arsitektur MVVM yaitu 137,39 MB yang lebih kecil dengan rata-rata penggunaan memori pada aplikasi dengan arsitektur MVP sebanyak 145,85 MB. Pada waktu eksekusi, aplikasi dengan arsitektur MVVM lebih unggul dengan rata-rata 621,16 ms yang lebih cepat dengan rata-rata waktu eksekusi pada aplikasi dengan arsitektur MVP selama 647,42 ms. Sedangkan arsitektur MVP unggul pada aspek penggunaan CPU dengan rata-rata 12,36% yang lebih sedikit dengan rata-rata penggunaan CPU pada aplikasi dengan arsitektur MVVM sebanyak 12,6%. Hal ini terjadi karena pada arsitektur MVVM terdapat tambahan library viewmodel yang membuat penggunaan memori dan waktu eksekusi lebih efisien tapi menambah beban pada CPU. Serta dalam pengembangan arsitektur MVVM memiliki jumlah dan ukuran kode yang lebih sedikit dibanding dengan MVP, hal ini terjadi karena penggunaan interface contract yang dibutuhkan pada MVP.

Kata Kunci: arsitektur android, Model View ViewModel, Model View Presenter, penggunaan CPU, penggunaan memori, waktu eksekusi, line of code, size of code, networking

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: android architecture, Model View ViewModel, Model View Presenter, CPU usage, memory usage, execution time, line of code, size of code, networking
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:43
Last Modified: 20 Mar 2024 01:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30347

Actions (login required)

View Item
View Item