PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PT. BANK BNI CABANG MAKASSAR) = THE EFFECT OF WORK ENVIRONMENT AND ORGANIZATIONAL CULTURE ON EMPLOYEE PERFORMANCE WITH SATISFACTION AS AN INTERVENING VARIABLE (CASE STUDY AT PT. BANK BNI MAKASSAR BRANCH)


Dimbarokke, Ekasari (2023) PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PT. BANK BNI CABANG MAKASSAR) = THE EFFECT OF WORK ENVIRONMENT AND ORGANIZATIONAL CULTURE ON EMPLOYEE PERFORMANCE WITH SATISFACTION AS AN INTERVENING VARIABLE (CASE STUDY AT PT. BANK BNI MAKASSAR BRANCH). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012202051_tesis_03-10-2023 cover1.png

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012202051_tesis_03-10-2023 1-2.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012202051_tesis_03-10-2023 dp.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012202051_tesis_03-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
EKASARI DIMBAROKKE. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT. Bank BNI Cabang Makassar) (dibimbing oleh Siti Haerani dan Muhammad Ismail).
PT Bank Negara Indonesia adalah bank yang bertugas untuk menyediakan berbagai layanan perbankan. Untuk menyediakan berbagai layanan tersebut, diperlukan kinerja karyawan yang baik. Mencipatakan kinerja yang baik dimulai dari lingkungan kerja dan budaya organisasi yang baik juga. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Untuk menganalisis (1) pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan karyawan, (2) pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan karyawan, (3) pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, (4) pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan, (5) pengaruh kepuasan karyawan terhadap kinerja karyawan, (6) pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan karyawan sebagai variabel intervening, serta pengaruh secara tidak langsung budaya organisasi terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan karyawan sebagai variabel intervening pada PT. Bank BNI Cabang Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada PT Bank BNI Cabang Makassar yang berjumlah 172 orang karyawan. Pengambilan sampel menggunakan metode sampling purposive lalu menyebarkan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, (2) budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, (3) lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (4) budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, serta (5) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (6) Lingkungan kerja melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, serta (7) Budaya organisasi melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

Kata kunci: Lingkungan kerja, budaya organisasi, kinerja karyawan, kepuasan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Work environment, Organizational culture, employees' performance, Satisfaction
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:09
Last Modified: 19 Mar 2024 06:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30336

Actions (login required)

View Item
View Item