TRADISI PERNIKAHAN KETURUNAN ARAB STUDI KASUS KETURUNAN ARAB DI PINRANG = ARABIC WEDDING TRADITIONS A CASE STUDY OF ARABIC IN PINRANG


Zainal, Rezki Amaliah Salsabilal (2022) TRADISI PERNIKAHAN KETURUNAN ARAB STUDI KASUS KETURUNAN ARAB DI PINRANG = ARABIC WEDDING TRADITIONS A CASE STUDY OF ARABIC IN PINRANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F031171509_skripsi_28-10-2022 cover1.png

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F031171509_skripsi_28-10-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F031171509_skripsi_28-10-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F031171509_skripsi_28-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 November 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Rezki Amaliah Salsabila Zainal, Pembimbing I Dr. Sitti Wahidah Masnani, M.Hum Pembimbing II Supratman, S.S., M.A “Tradisi Pernikahan Keturunan Arab di Pinrang”
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keunikan-keunikan tradisi pernikahan keturunan Arab di Kota Pinrang. Menggambarkan bagaimana pelaksanaan tradisi pernikahan keluarga keturunan Arab, serta Menganalisis persepsi masyarakat terhadap tradisi pernikahan keluarga Arab Kota Pinrang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan mengikuti prosedur dari penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang ditempuh melalui wawancara, dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul, baik dalam bentuk catatan, rekaman suara wawancara, foto, atau bentuk-bentuk lainnya dapat dikaji secara lebih detail dan lengkap.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa keunikan dalam melaksanakan tradisi pernikahan keturunan Arab di Pinrang. Keunikan tersebut mulai dari Ta’aruf, khitbah, burdah, henna maupun jeppeng. Adapun tahapan-tahapan pernikahan keturunan Arab di Kota Pinrang tidak jauh beda dengan tahapan-tahapan pernikahan adat Bugis seperti halnya khitbah. Khitbah sama halnya Mammanu-manu dalam pernikahan Bugis begitu pula tahapan yang lainnya. Ada hal sakral yang dilakukan oleh keturunan Arab di Pinrang tergantung keluarga masing-masing seperti mengharuskan anak-anaknya menikah dengan sesama keturunan Arab. Persepsi masyarakat lokal mengenai tradisi pernikahan keturunan Arab di Pinrang sudah ada yang menggunakannya walaupun bukan berasal dari keturunan Arab. Mereka berpandangan bahwa beberapa tradisi keturunan Arab bisa dilaksanakan, walaupun mereka belum sepenuhnya mengerti makna dari tradisi tersebut, mereka hanya mengikut pada trend yang ada

Kata kunci: Etnis Arab, Penikahan, Tradisi, Keturunan Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Arab Ethnicity, Marriage, Tradition, Arab Descendants
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Asia Barat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2024 00:43
Last Modified: 18 Mar 2024 00:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/30231

Actions (login required)

View Item
View Item