Hamriany, Hamriany (2023) Peningkatan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa dalam Menulis Teks Prosedur Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining di UPTD SMPN 7 Cenrana Kabupaten Maros = Improving Student Learning Outcomes and Motivation in Writing Procedure Texts Through the Student Facilitator and Explaining Learning Model at UPTD SMPN 7 Cenrana, Maros Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
F032211009_tesis_01-08-2023 caver1.jpg
Download (321kB) | Preview
F032211009_tesis_01-08-2023 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
F032211009_tesis_01-08-2023 dp.pdf
Download (86kB)
F032211009_tesis_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 October 2025.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
HAMRIANY. Peningkatan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa dalam Menulis Teks Prosedur Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining di UPTD SMPN 7 Cenrana Kabupaten Maros (dibimbing oleh Nurhayati dan Abidin Pammu).
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks prosedur dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining; dan (2) menjelaskan dampak penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini mengkaji dan merefleksi pendekatan pembelajaran SFE dengan tujuan meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa dalam menulis teks prosedur. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan teknik angket. Observasi digunakan untuk mengamati pelaksanaan tindakan. Angket digunakan untuk memeroleh data motivasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Analisis data kualitatif menggunakan teknik deskriptif. Data kualitatif ini bersumber dari hasil observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pelaksanaan metode ini terdapat pra tindakan dan 2 siklus, dalam 1 siklus terdapat 2 kali pertemuan. (2) penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata siswa pada pra siklus sebesar 59,63, siklus I sebesar 64,67 dan pada siklus II sebesar 71, 74, menunjukkan bahwa terjadi perubahan secara signifikan dari hasil belajar siswa dari awal pra tindakan, siklus I ke siklus II. Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining efektif dalam meningkatkan motivasi belajar, terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata siswa pada pra siklus sebesar 62,22, siklus I sebesar 67,11 dan pada siklus II sebesar 75,04.
Keywords : model pembelajaran Student Facilitator and Explaining, hasil belajar, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Student Facilitator and Explaining, hasil belajar, motivasi belajar |
Subjects: | P Language and Literature > PC Romance languages |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Indonesia |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 02:38 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 02:38 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29867 |