PENGARUH E-MODUL PEMBELAJARAN STIMULASI PIJAT BAYI TERHADAP KETERAMPILAN MAHASISWA DIII KEBIDANAN


Nurjannah, Sitti (2023) PENGARUH E-MODUL PEMBELAJARAN STIMULASI PIJAT BAYI TERHADAP KETERAMPILAN MAHASISWA DIII KEBIDANAN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of P102211003_tesis_29-09-2023 caver1.jpg]
Preview
Image
P102211003_tesis_29-09-2023 caver1.jpg

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of P102211003_tesis_29-09-2023 bab 1-2.pdf] Text
P102211003_tesis_29-09-2023 bab 1-2.pdf

Download (652kB)
[thumbnail of P102211003_tesis_29-09-2023 dp.pdf] Text
P102211003_tesis_29-09-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of P102211003_tesis_29-09-2023.pdf] Text
P102211003_tesis_29-09-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Sitti Nurjannah. Pengaruh E-Modul Pembelajaran Stimulasi Pijat Bayi Terhadap Keterampilan Mahasiswa DIII Kebidanan (dibimbing oleh Andi Agussalim dan Elizabet C Jusuf)
Tujuan: Menganalisis penerapan e-modul pembelajaran stimulasi pijat bayi dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa DIII kebidanan. Metode: Penelitian ini menggunakan pengembangan Borg and Gall dan Quasi Eksperiment dengan desain one group pre test-post test design. Pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu mahasiswa DIII kebidanan semester 4 terdiri dari 76 responden. Studi pendahuluan menggunakan Focus Group Discussion melibatkan ketua prodi dan dosen. Validasi e-modul mengunakan dua ahli media dengan hasil 95,3%, dua ahli materi dengan hasil 82,3% berkategori sangat layak digunakan. Selain itu uji kelompok kecil 10 sampel dan kelompok besar 30 sampel juga dilakukan, dengan hasil mean variabel ≥ median variabel berkriteria sangat baik. Uji pengaruh e-modul kelompok intervensi 36 sampel dan uji modul kelompok kontrol 40 sampel. Analisis data menggunakan uji McNemar dan uji Mann Whitney. Hasil: Analisis intervensi e-modul dan modul selama 1 minggu, menyatakan adanya pengaruh penggunaan keduanya terhadap keterampilan mahasiswa. Dari kedua kelompok intervensi yang diberikan pre test tidak ditemukan mahasiswa terampil. Setelah memberikan intervensi pada kedua kelompok tersebut terdapat peningkatan keterampilan pada kelompok intervensi sebesar 91,7% dan kelompok kontrol sebesar 40,0%. Terdapat pengaruh penggunaan e-modul dan modul terhadap peningkatan keterampilan mahasiswa antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Kesimpulan: E-modul pembelajaran stimulasi pijat bayi sangat baik dan berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan mahasiswa DIII kebidanan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:56
Last Modified: 13 Feb 2024 03:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29784

Actions (login required)

View Item
View Item