KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS NON AKREDITASI KECAMATAN MOA KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA = QUALITY OF HEALTH SERVICES ON PATIENT SATISFACTION IN NON-ACCREDITED COMMUNITY HEALTH CENTERS, MOA DISTRICT SOUTHWEST MALUKU REGENCY


Unkelefta, Sohordinatus Ifan (2023) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS NON AKREDITASI KECAMATAN MOA KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA = QUALITY OF HEALTH SERVICES ON PATIENT SATISFACTION IN NON-ACCREDITED COMMUNITY HEALTH CENTERS, MOA DISTRICT SOUTHWEST MALUKU REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K052211012_tesis_13-10-2023 caver1.jpg

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K052211012_tesis_13-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K052211012_tesis_13-10-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K052211012_tesis_13-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 October 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif di wilayah kerjanya. Puskesmas sebagai fasiltas kesehatan tingkat pertama dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan pasien, meningkatkan kinerja puskesmas, melindungi sumber daya manusia kesehatan, masyarakat dan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengekplorasi atau menggambarkan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi deskriptif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah pasien yang sudah pernah menjalani pengobatan di puskesmas tiakur Januari-Desember tahun 2022 dan informan pendukung adalah kepala bidang fasyankes, kepala puskesmas tiakur, kepala tata usaha tiakur dan para ketua pokja puskesmas tiakur. Teknik penentuan informan dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalan pedoman wawancara mendalam dan diskusi kelompok terarah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dimensi mutu pelayanan yakni efektif, efisien, berfokus pada pasien dan aman belum terpenuhi dengan baik sedangkan dimensi dapat diakses dan adil sudah terpenuhi dengan baik. Pihak petugas kesehatan perlu mengikuti pelatihan sehingga mutu pelayanan dan kepuasan pasien dapat terwujud dengan baik

Keywords : Kualitas, Pelayanan, Kesehatan, Kepuasan, Pasien

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Quality, Service, Health, Satisfaction, Patients
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Feb 2024 06:35
Last Modified: 13 Feb 2024 06:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29773

Actions (login required)

View Item
View Item