Maridah, Yunita Eva (2023) PERBEDAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK, VIDEO DAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA DIII KEBIDANAN DALAM PEMASANGAN IMPLANT DAN Intra Uterine Device = DIFFERENCES IN LEARNING MEDIA E-BOOKS , VIDEOS AND SIMULATION METHODS TO IMPROVE THE SKILLS OF DIII MIDWIFERY STUDENTS IN PLACING IMPLANTS AND Intra uterine device. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
P102211016_tesis_27-09-2023 caver1.jpg
Download (334kB) | Preview
P102211016_tesis_27-09-2023 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
P102211016_tesis_27-09-2023 dp.pdf
Download (1MB)
P102211016_tesis_27-09-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK YUNITA EVA MARIDAH. Perbedaan Media Pembelajaran E-Book, Video Dan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa DIII Kebidanan Dalam Pemasangan Implant Dan Intra Uterin Device (Dibimbing Oleh Ester Sanda Manapa., dan Mardiana Ahmad.)Media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan/topik kepada peserta didik untuk memudahkan mereka belajar dan mendorong mereka untuk belajar. salah satu jenis media pembelajaran adalah video dan e-book. Kedua media tersebut dapat diterapkan dalam proses pembelajaran mahasiswa kebidanan khususnya pada keterampilan pemasangan Implant dan IUD.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengaruh media pembelajaran e-book, video dan metode simulasi untuk meningkatkan keterampilan pemasangan implant dan intra uterin device (IUD). Jenis penelitian Resarch and Development dengan Quasi Eksperimen menggunakan rancangan pretest-posttes. teknik pengambilan sampel adalah quota sampling dengan jumlah 54 mahasiswa yang terdiri dari 25 mahasiswa semester IV di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan dan 29 mahasiswa semester IV di STIKES Nani Hasanuddin Makassar. mahasiswa dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok 1 simulasi+video dengan anggota 19 mahasiswa, kelompok 2 simulasi+e-book 18 mahasiswa dan kelompok 3 metode simulasi 17 mahasiswa.Penelitian dilaksanakan selama bulan Desember 2022 – April 2023. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-whitney.
posttest menunjukkan bahwa ada pengaruh media e-book, video dan metode simulasi terhadap keterampilan pemasangan implant dan IUD dengan nilai p<0,05 dan ada perbedaan capaian keterampilan pada kelompok e-book, video dan simulasi dalam melakukan pemasangan implant dengan nilai (76,72 ; 85,11; 79,82) dan pemasangan IUD (85,39; 88,58; 79,76) dengan nilai p=0,000 menggunakan uji mann-whitney. Dari hasil yang diperoleh dapat dinyatakan bahwa penerapan media video lebih baik dalam meningkatkan nilai keterampilan mahasiswa.
Kata Kunci: Asuhan Kebidanan,Keterampilan, KB
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Midwifery care, implants, IUDs, videos and e-books, skills lab |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 02:33 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 02:33 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29730 |