Kejadian Insomnia Pada Remaja Pencandu Game Online di SMA Negeri 1 Luwu Timur = The Incidence of Insomnia in Teenagers Addicted to Online Games at SMA Negeri 1 Luwu Timur


Bahri, Nadya Tri Wulandari (2023) Kejadian Insomnia Pada Remaja Pencandu Game Online di SMA Negeri 1 Luwu Timur = The Incidence of Insomnia in Teenagers Addicted to Online Games at SMA Negeri 1 Luwu Timur. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011191025_skripsi_13-10-2023 caver1.jpg

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011191025_skripsi_13-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011191025_skripsi_13-10-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011191025_skripsi_13-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 October 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Game online merupakan wadah permainan dunia maya yang terhubung melalui jaringan internet. Insomnia adalah salah satu gangguan tidur dimana seseorang merasa sulit untuk memulai tidur. Menurut Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (DISKOMINFO) Kabupaten Luwu Timur tahun 2022, beberapa game online yang saat ini digemari masyarakat luas khususnya di kalangan remaja Kabupaten Luwu Timur ialah Higgs Domino dan PUBG (PlayerUnknown's Battlelgrounds), dimana fenomena ini terjadi pada sekolah-sekolah salah satunya adalah SMA Negeri 1 Luwu Timur di Kecamatan Malili. Banyak orang tua yang mengeluh bahwa anaknya sering begadang bermain game online hingga larut malam sehingga siswa mengalami gangguan tidur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik responden, kecanduan bermain game online, kejadian insomnia, dan hubungan kecanduan bermain game online dengan kejadian insomnia pada remaja di SMA Negeri 1 Luwu Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survey analitik dengan rancangan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Luwu Timur dari bulan April-Mei tahun 2023. Besar sampel adalah 246 orang. Teknik sampling menggunakan proportionate stratified random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan karakteristik responden sebagian besar usia 16 tahun (51,0%), jenis kelamin laki-laki (72,8%), durasi bermain handphone dalam sehari ≥1 jam (67,0%), dan jenis game online yang paling sering digunakan yaitu PUBG (PlayerUnknown's Battlelgrounds) (32,5%). Adapun kecanduan game online pada kategori sedang (73,2%), kejadian insomnia pada kategori berat (60,6%), menggunakan uji chi square ada hubungan kejadian insomnia dengan kecanduan bermain game online pada remaja di SMA Negeri 1 Luwu Timur (p-value = 0,026).
Perlu upaya literasi di sekolah mengenai dampak negatif kecanduan bermain game online melalui program OSIS, dimana yang mengedukasi adalah teman-teman mereka sendiri yang tidak terpapar game online sebagai peer educator.

Keywords : Kecanduan Game Online, Remaja, dan Kejadian Insomnia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Online Game Addiction, Teenagers, and Insomnia
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:56
Last Modified: 30 Jan 2024 06:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29653

Actions (login required)

View Item
View Item