PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI BERBASIS MODUL PADA REMAJA PUTRI TERHADAP PENINGKATAN SELF EFFICACY PADA KASUS PREMENSTRUAL SYNDROME


Burhan, Ika Rezky (2023) PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI BERBASIS MODUL PADA REMAJA PUTRI TERHADAP PENINGKATAN SELF EFFICACY PADA KASUS PREMENSTRUAL SYNDROME. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of P102191024_tesis_27-09-2023 cover1.png]
Preview
Image
P102191024_tesis_27-09-2023 cover1.png

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of P102191024_tesis_27-09-2023 1-2.pdf] Text
P102191024_tesis_27-09-2023 1-2.pdf

Download (860kB)
[thumbnail of P102191024_tesis_27-09-2023 dp.pdf] Text
P102191024_tesis_27-09-2023 dp.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of P102191024_tesis_27-09-2023.pdf] Text
P102191024_tesis_27-09-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 October 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Ika Rezky Burhan. Pengaruh Pemberian Edukasi Berbasis Modul Pada
Remaja Putri Terhadap Peningkatan Self Efficacy Pada Kasus Premenstrual
Syndrome (Dibimbing oleh : Nasruddin Andi Mappaware dan Mardiana
Ahmad)
Latar Belakang : Premenstrual Syndrome adalah gejala-gejala yang
dialami wanita sebelum menstruasi, Tingkat keparahan gejalanya cukup parah
sehingga dapat menjadi gangguan, Salah satu cara untuk mengatasi hal
tersebut yakni dengan meningatkan self efficacy dan pengetahuan remaja
sehingga mereka dapat mengenali gejala premenstrual. Tujuan : Menganalisis
pengaruh edukasi berbasis e-modul pada remaja putri terhadap peningkatan
self efficacy pada kasus premenstrual syndrome. Metode Desain yang
digunakan dalam penilitian ini quasi eksperimen one group pretest-posttest.
Populasi semua siswi SMA Negeri 21 Makassar, Sampel siswi kelas X.
dengan riwayat premenstrual syndrome. Penarikan sampel secara exhaustive
sampling dengan Teknik purposive sampling, jumlah sampel 60 orang.
Pengukuran pengetahuan dilakukan sebelum intervensi. Selanjutnya e-modul
dibagikan, kemudian diminta untuk mempelajarinya. Setelah itu dilakukan
diskusi dan tanya jawab terkait tisi modul. Intervensi dilakukan 3 kali seminggu
durasi @ 60 menit. Lama intervensi 4 pekan, Pasca intervensi dilakukan post
test menggunakan kuesioner.analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil :
Pre test pengetahuan Mean μ 21.00 dan post test Mean μ 70.91 p-value; 0.00
(< α 0.05 ). Pre test untuk self efficacy Mean μ 21.00 dan post test Mean μ
78.91 p- values 0.00 (< α 0.05) artinya ada pengaruh pengetahuan dan self
efficacy pada remaja yang di edukasi menggunakan e-modul. Kesimpulan: emodul berpengaruh meningkatkan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 29 Jan 2024 05:34
Last Modified: 29 Jan 2024 05:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29593

Actions (login required)

View Item
View Item