Rani, Nur Aedah Ahmad (2023) PENGARUH AKSESIBILITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT GIGI MULUT PENDIDIKAN UNIVERSITAS HASANUDDIN KOTA MAKASSAR = THE EFFECT OF ACCESSIBILITY OF SERVICES AND FACILITIES TO PATIENT SATISFACTION AT HASANUDDIN UNIVERSITY DENTAL AND ORAL EDUCATION HOSPITAL. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
J012211006_tesis_15-08-2023 caver1.jpg
Download (200kB) | Preview
J012211006_tesis_15-08-2023 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
J012211006_tesis_15-08-2023 dp.pdf
Download (975kB)
J012211006_tesis_15-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 October 2025.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
NUR AEDAH AHMAD RANI. Pengaruh Aksesibilitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Gigi Mulut Pendidikan Universitas Hasanuddin Kota Makassar (dibimbing oleh Ayub Irmadani Anwar dan Fuad Husain Akbar)
Aksesbilitas pelayanan merupakan keterjangkauan yang dirasakan pasien sehubungan dengan pelayanan yang meliputi pelayanan medis, pelayanan penunjang medis, dan pelayanan administrasi yang diukur berdasarkan kuisioner. Aksesibiltas fasilitas merupakan keterjangkauan yang dirasakan pasien sehubungan dengan fasilitas yang disediakan rumah sakit seperti fasilitas ruang dan fasilitas pasrkir yang berdasarkan kuisioner. Kepuasan pasien didefinisikan secara sederhana yaitu suatu keadaan yang mana kebutuhan, keinginan dan harapan dapat terpenuhi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pengaruh aksesibilitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Hasanuddin, Kota Makassar. Jenis penelitian yakni survey analitik dengan pendekatan cross sectional dan subjek sebanyak 164 orang. Subjek diberikan survey mengenai pengaruh aksesibilitas dengan kepuasan pasien. Kuisioner terdiri dari 16 item pertanyaan dengan skala likert. Analisis Pearson Correlation dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara aksesibilitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, dilanjutkan dengan analisis linear sederahana untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara aksesibilitas fasilitas terhadap kepuasan pasien.
Hasil penelitian terdapat hubungan antara aksesibilitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien. Kesimpulan adalah Aksesibilitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien. Semakin mudah aksesibilitas yang dirasakan maka akan semakin tinggi tingkat kepuasasn dari pasien.
Kata kunci : Aksesibilitas Pelayanan, Aksesibiltas Fasilitas, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit Gigi Mulut Pendidikan Universitas Hasanuddin
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aksesibilitas Pelayanan, Aksesibiltas Fasilitas, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit Gigi Mulut Pendidikan Universitas Hasanuddin |
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > Profesi Dokter Gigi |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 02:48 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 02:48 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29452 |