Penilaian Tingkat Kepuasan dan Kualitas Hidup Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Umum Daerah Majene, Sulawesi Barat


Nuridha, Nuridha (2023) Penilaian Tingkat Kepuasan dan Kualitas Hidup Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Umum Daerah Majene, Sulawesi Barat. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of N011181365_skripsi_13-09-2023 caver1.jpg]
Preview
Image
N011181365_skripsi_13-09-2023 caver1.jpg

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of N011181365_skripsi_13-09-2023 bab 1-2.pdf] Text
N011181365_skripsi_13-09-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of N011181365_skripsi_13-09-2023 dp.pdf] Text
N011181365_skripsi_13-09-2023 dp.pdf

Download (971kB)
[thumbnail of N011181365_skripsi_13-09-2023.pdf] Text
N011181365_skripsi_13-09-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

NURIDHA. Penilaian Tingkat Kepuasan dan Kualitas Hidup Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Umum Daerah Majene, Sulawesi Barat (dibimbing oleh Anshar Saud dan Bustanul Arifin).
Instansi pelayanan kefarmasian dituntut untuk menerapkan pelayanan yang bermutu di bidang kesehatan, salah satunya dengan melihat dari tingkat kepuasan pasien. Kepuasan pasien menjadi bagian yang menyeluruh dan kegiatan jaminan mutu dalam pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien juga sangat ditentukan oleh keadaan status Kesehatan. Status kesehatan juga berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai tingkat kepuasan dan kualitas hidup pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Umum Daerah Majene. Penelitian bersifat deskriptif non eksperimental dengan pengambilan sampel secara cross sectional, pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pendekatan model Service Quality (ServQual) untuk mengukur kepuasan dan EQ-5D-5L (EuroQuality of life-5 dimension 5 level) untuk mengukur kualitas hidup pasien. Dari 131 orang partisipan penelitian, sebanyak 80% mengatakan puas terhadap pelayanan kefarmasian. Jawaban responden per dimensi ServQual menunjukkan bahwa masih dibutuhkan ketanggapan Apoteker yang lebih cepat dalam pelayanan, fasilitas pelayanan dan tempat parkir yang memadai, petunjuk arah Apoteknya yang jelas, komunikasi yang baik dengan penerapan 3S (senyum, sapa, salam). Sedangkan nilai hidup sebesar 0,85 dengan dimensi rasa nyeri/tidak nyaman bagian yang dilaporkan sebagai masalah kesehatan. Kesimpulannya adalah masih perlunya peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan serta kompetensi apoteker dalam melayani pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:37
Last Modified: 15 Jan 2024 02:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29146

Actions (login required)

View Item
View Item