STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA PERMANDIAN ALAM BATU PAPAN KOTA PALOPO = THE DEVELOPMENT STRATEGY OF BATU PAPAN NATURAL BATH TOURISM REGION IN PALOPO CITY


Arif, Munawwar (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA PERMANDIAN ALAM BATU PAPAN KOTA PALOPO = THE DEVELOPMENT STRATEGY OF BATU PAPAN NATURAL BATH TOURISM REGION IN PALOPO CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P022181040_tesis_15-08-2023 caver1.jpg

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P022181040_tesis_15-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P022181040_tesis_15-08-2023 dp.pdf

Download (956kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P022181040_tesis_15-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 September 2025.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
MUNAWWAR ARIF. Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Permandian Alam Batu Papan Kota Palopo (dibimbing oleh Jusni dan Andi Aswan).

Pengembangan Kawasan Wisata Permandian Alam Batu Papan Kota Palopo yang belum optimal menyebabkan penurunan jumlah kunjungan wisata. Penelitian ini bertujuan (1) mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pengembangan Kawasan Wisata Permandian Alam Batu Papan Kota Palopo (2) merumuskan strategi pengembangan Kawasan Wisata Permandian Alam Batu Papan Kota Palopo. Penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan pendekatan (mixed methods) antara analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis SWOT digunakan menganalisis faktor kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman yang ada serta merumuskan strategi yang tepat dalam pengembangan kawasan wisata. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kekekuatan terbesar adalah aksesibilitas yang baik (0,297); kelemahan terbesar adalah belum memiliki Master Plan pengembangan (0,056); peluang terbesar adalah masih banyak lahan kosong yang dapat dimanfaatkan (0,418); ancaman terbesar adalah kondisi sungai yang sering banjir serta tanah longsor (0,099). Posisi strategi berada pada Kuadran I yaitu Stategi Agresif (S – O) dengan alternatif strategi: (1) promosi wisata perlu ditingkatkan; (2) penyusunan Master Plan pembangunan berkelanjutan; (3) membangun sistem pembayaran tarif tunggal; (4) mengembangkan ekonomi kreatif (5) meningkatkan keamanan.

Kata kunci : strategi pengembangan, wisata permandian alam, analisis SWOT

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan, wisata permandian alam, analisis SWOT
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Perencanaan dan Pengembangan Wilayah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2024 05:52
Last Modified: 04 Jan 2024 05:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/29035

Actions (login required)

View Item
View Item