STRATEGI DIPLOMASI PUBLIK KEMENPAREKRAF DALAM MEMASARKAN PRODUK LOKAL DI PASAR ASEAN DI ERA PANDEMI COVID-19 = MINISTRY OF PUBLIC DIPLOMACY STRATEGIES IN MARKETING LOCAL PRODUCTS IN ASEAN MARKETS IN THE ERA OF THE COVID-19 PANDEMIC


Pratiwi, Nurul (2022) STRATEGI DIPLOMASI PUBLIK KEMENPAREKRAF DALAM MEMASARKAN PRODUK LOKAL DI PASAR ASEAN DI ERA PANDEMI COVID-19 = MINISTRY OF PUBLIC DIPLOMACY STRATEGIES IN MARKETING LOCAL PRODUCTS IN ASEAN MARKETS IN THE ERA OF THE COVID-19 PANDEMIC. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061181323_skripsi_31-10-2022 cover1.png

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061181323_skripsi_31-10-2022 1-2.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061181323_skripsi_31-10-2022 dp.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061181323_skripsi_31-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 September 2025.

Download (968kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAKSI
Nurul Pratiwi, (E061181323), “Strategi Diplomasi Publik Kemenparekraf Dalam Memasarkan Produk Lokal Di Pasar ASEAN Di Era Pandemi COVID-19”, dibawah bimbingan H. Darwis, MA., Ph.D selaku pembimbing I dan Aswin Baharuddin, S.IP., MA selaku pembimbing II pada Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan strategi diplomasi publik Indonesia di Pasar ASEAN pada era pandemi COVID-19 dan faktor pendukung serta penghambat diplomasi publik Kemenparekraf dalam memasarkan produk lokal di Pasar ASEAN pada era pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa sumber pustaka seperti buku, jurnal dan pustaka lainnya.
Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa peran Kemenparekraf yaitu mengembangkan potensi ekonomi kreatif Indonesia agar dapat dipasarkan dalam pasar ekonomi ASEAN. Dimana strategi yang dilakukan yaitu dengan mempromosikan produk lokal, melakukan maksimalisasi regulasi dan kebijakan dari instansi yang berkaitan dengan ekonomi kreatif Indonesia, mengoptimalisasikan event internasional ASEAN, memaksimalkan kolaborasi pemerintah, swasta dan masyarakat dalam upaya diplomasi publik Indonesia dalam memasarkan produk lokalnya di ASEAN, memanfaatkan instrumen yang dimiliki ASEAN, terkhusus pada pilar yang menunjang sektor perekonomian negara ASEAN yaitu MEA. Adapun faktor pendukung yaitu, adanya mekanisme pilar Masyarakat Ekonomi ASEAN atau pilar ekonomi ASEAN Economic Community, hubungan bilateral yang terjalinerat antara Indonesia dengan negara ASEAN, serta terbentuknya instansi Indonesia yang khusus bertanggung jawab dalam mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia. Adapun penghambatnya yaitu perkembangan pandemic COVID-19 yng turut mempengaruhi perekonomian global.

Keywords : Kemenparekraf, Strategi, ASEAN, Produk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemenparekraf, Strategy, ASEAN, Product
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:28
Last Modified: 07 Dec 2023 01:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28554

Actions (login required)

View Item
View Item