Lestari, Winda (2022) PENGARUH FITUR SHOPPING INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS HASANUDDIN = THE EFFECT OF INSTAGRAM SHOPPING FEATURES ON PURCHASE DECISIONS ON STUDENTS OF THE FACULTY OF SOCIAL AND POLITICAL SCIENCES, HASANUDDIN UNIVERSITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E021181003_skripsi_31-10-2022 cover1.png
Download (151kB) | Preview
E021181003_skripsi_31-10-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
E021181003_skripsi_31-10-2022 dp.pdf
Download (957kB)
E021181003_skripsi_31-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 September 2025.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
WINDA LESTARI. Pengaruh Fitur Shopping Instagram Tehadap Keputusan Pembelian Pada Kalangan Mahasiswa Fisip Universitas Hasanuddin (Dibimbing oleh Sudirman Karnay dan Nosakros Arya).
Tujuan penelitian ini ialah: bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh fitur shopping Instagram terhadap keputusan pembelian pada kalangan mahasiswa fisip universitas hasanuddin
Penelitian ini berlangsung selama tiga bulan terhitung sejak bulan Mei hingga Juli 2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data melalui survei yaitu pembagian kuesioner dan studi pustaka berupa referensi buku, jurnal, internet, dan lain-lain yang berkaitan dengan topik penelitian. Populasi dari penelitian ini ialah mahasiswa fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas hasanuddin 2.181 orang. Sampel penelitian menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%, sehingga didapatkan sampel berjumlah 304 orang. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh fitur shopping instagram terhadap keputusan pembelian pada kalangan mahasiswa fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas hasanuddin. Dibuktikan dengan hasil korelasi yang menunjukkan bahwa adanya hubungan dengan nilai kofisien korelasi sebesar 0,615 dengan arah hubungan nilai r positif yang artinya semakin tinggi pengguna fitur shopping instagram maka semakin meningkat pula keputusan pembelian. Selain itu besaran pengaruh fitur shopping Instagram terhadap keputusan pembelian sebesar 37,8 %. Kemudian nilai Sig 0,000 > 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci : Shopping Instagram, Keputusan Pembelian, Mahasiswa Fisip Unhas
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Shopping Instagram, Purchase Decision, Unhas Fisip Students |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 00:39 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 00:39 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/28031 |