Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Al-Hubb Fii Zamani Nafthi karya Nawal El Saadawi (Tinjauan Psikoanalisis Carl Jung)


Ramadhani Sy, Riska Amalia (2023) Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Al-Hubb Fii Zamani Nafthi karya Nawal El Saadawi (Tinjauan Psikoanalisis Carl Jung). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
F031181317_skripsi_28-04-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F031181317_skripsi_28-04-2023 cover1.jpg

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
F031181317_skripsi_28-04-2023 dp.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
F031181317_skripsi_28-04-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Skripsi ini berjudul “Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Al-Hubb Fii Zamani Nafthi karya Nawal El Saadawi (Tinjauan Psikoanalisis Carl Jung)”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepribadian tokoh utama dalam novel Al-Hubb Fii Zamani Nafthi karya Nawal El Saadawi yaitu tokoh Perempuan itu dan tokoh Laki-laki itu menggunakan psikoanalisis Carl Jung.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (Library Research) dengan mengikuti prosedur dan prinsip kerja penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik baca dan teknik catat. Teknik baca dilakukan dengan membaca kemudian memahami serta mengetahui keseluruhan dari novel Al-Hubb Fii Zamani Nafthi karya Nawal El Saadawi. Sedangkan analisis data menggunakan metode deskriptif analitis yaitu memberikan gambaran data yang jelas sesuai dengan data yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan teori psikoanalisis Carl Jung, kepribadian meliputi dua alam, yaitu kesadaran dan ketidaksadaran. Kperibadian tokoh Perempuan itu berdasarkan kesadaran, dapat dilihat dari fungsi jiwa, yaitu tipe Perasa. Dan dilihat dari sikap jiwa yaitu tipe Ekstravert. Sedangkan berdasarkan ketidaksadaran, dapat dilihat dari ketidaksadaran pribadi yaitu tipe Pemikir dan tipe Introvert, dan ketidaksadaran kolektif yaitu dalam manifetasi mimpi tentang masa lalu dan arketipe The Mother. Jadi, Perempuan itu memiliki kepribadian Ekstravert-Perasa dalam kesadaran dan Introvert-pemikir dan arketipe The mother dalam ketidaksadaran
Lalu, kepribadian tokoh Laki-laki itu berdasarkan kesadaran, dapat dilihat dari fungsi jiwa, yaitu tipe Pemikir. Dan dilihat dari sikap jiwa yaitu tipe Ekstravert. Sedangkan berdasarkan ketidaksadaran, dapat dilihat dari ketidaksadaran pribadi yaitu tipe Perasa dan tipe Introvert, dan ketidaksadaran kolektif yaitu dalam manifetasi dan arketipe The Shadow. Jadi, Laki-laki itu memiliki kepribadian Ektravert-Pemikir dalam kesadaran dan Introvert-perasa dan arketipe The Shadow dalam ketidaksadaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Novel Al-Hubb Fii Zamani Nafthi, Psikoanalisis Carl Jung
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Asia Barat
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:14
Last Modified: 27 Sep 2023 01:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27903

Actions (login required)

View Item
View Item