EFEKTIVITAS PROGRAM E-FILLING BAGI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MAKASSAR BARAT


Latif, Nurul Avizah (2023) EFEKTIVITAS PROGRAM E-FILLING BAGI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MAKASSAR BARAT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of E011191010_skripsi_07-06-2023 c1.png]
Preview
Image
E011191010_skripsi_07-06-2023 c1.png

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of E011191010_skripsi_07-06-2023 1-2.pdf] Text
E011191010_skripsi_07-06-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of E011191010_skripsi_07-06-2023 dp.pdf] Text
E011191010_skripsi_07-06-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of E011191010_skripsi_07-06-2023.pdf] Text
E011191010_skripsi_07-06-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Nurul Avizah Latif (E011191010), Efektivitas Program E-Filling bagi Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Barat. 81 Halaman + 4 Gambar + 2 Tabel + 8 Lampiran + Dibimbing oleh Moh. Thahir Haning dan Muh. Tang Abdullah.
Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Efektivitas Program E-Filling bagi Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Barat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Adapun fokus penelitian berdasarkan pada 5 indikator teori dari Kettner, Moroney, dan Martin (2008) yakni upaya (effort), efisiensi biaya (cost efficiency), hasil (result), efektivitas biaya (cost effectiveness), dan dampak (impact).
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Efektivitas Program E-Filling bagi Wajib Pajak Orang Pribadi pada KPP Pratama Makassar Barat masih ada yang belum memenuhi beberapa indikator yang diinginkan yaitu dapat dilihat dari aspek 1) Upaya (Effort) yang dilakukan KPP Makassar barat yang telah melakukan sosialisasi, namun masih saja ada wajib pajak yang tidak dapat meluangkan waktu untuk mengikutinya. 2) Efisiensi Biaya (Cost-Efficiency), untuk indikator tersebut sudah terpenuhi karena memang tidak ada biaya yang dikeluarkan dan dibebankan. 3) Hasil (Result) program E-Filling ini ternyata masih ada Wajib Pajak Orang Pribadi yang belum paham dan menganggap proses penginputan melalui program ini masih cukup ribet. 4) Efektivitas Biaya (Cost-Effectiveness) dalam program tersebut sudah cukup efektif karena tidak mengeluarkan biaya, namun hanya saja website program E-Filling ini masih terkadang mengalami masalah seperti mengalami bug atau error. 5) Dampak (Impact) program E-filling ini cukup dapat dirasakan karena beban pegawai menjadi sedikit dan antrian tidak menumpuk namun masih ada wajib pajak yang gaptek dan masih memilih meminta bantuan karena kurang mengerti tata cara penggunaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:40
Last Modified: 20 Sep 2023 02:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27745

Actions (login required)

View Item
View Item