STUDI ETNOGRAFI KOMUNIKASI : MAKNA SIMBOLIK NONVERBAL PROSESI “MAPPADENDANG” SAORAJA BARINGENG KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG SULAWESI SELATAN = Ethnographic Study: Nonverbal Symbolic Meaning of the Mappadendang Procession of Saoraja Baringeng, Lilirilau District, Soppeng Regency, South Sulawesi


Riskania, Novi Nurul (2023) STUDI ETNOGRAFI KOMUNIKASI : MAKNA SIMBOLIK NONVERBAL PROSESI “MAPPADENDANG” SAORAJA BARINGENG KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG SULAWESI SELATAN = Ethnographic Study: Nonverbal Symbolic Meaning of the Mappadendang Procession of Saoraja Baringeng, Lilirilau District, Soppeng Regency, South Sulawesi. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021191062_skripsi_04-05-2023 cover1.jpg

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E021191062_skripsi_04-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021191062_skripsi_04-05-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021191062_skripsi_04-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 August 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

NOVI NURUL RISKANIA. Studi Etnografi Komunikasi: Makna Simbolik Nonverbal Prosesi “Mappadendang” Saoraja Baringeng Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan (Dibimbing oleh Dr. Jeanny Maria Fatimah, M.Si, dan Dr. Arianto, S.Sos., M.Si).
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui proses dari prosesi mappadendang Saoraja Baringeng Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan, dan (2) untuk mengetahui makna simbolik nonverbal prosesi mappadendang Saoraja Baringeng Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan.
Penelitian ini dilaksanakan di Saoraja Baringeng Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan. Tipe penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi etnografi komunikasi. Adapun informan penelitian ini adalah orang-orang yang ditentukan secara purposive sampling yaitu dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu bahwa mereka dianggap berkompeten untuk menjawab pertanyaan peneliti. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawamcara dengan para informan. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi Pustaka berupa buku dan jurnal yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses dari prosesi mappadendang Saoraja Baringeng sarat akan makna dan juga dilaksanakan secara tradisional yang memegang teguh adat istiadat. Begitupun dengan makna simbolik nonverbal pada prosesi mappadendang Saoraja Baringeng ini yang begitu penuh dengan makna yang dikhususkan sebagai sebuah pesta panen atas hasil panen yang terima dan juga sebagai ucapan rasa syukur dengan hasil panen dan bumi yang menghidupi masyarakat Baringeng. Pemaknaan ini telah diturunkan secara turun-temurun.

Kata kunci : Makna simbolik, Mappadendang, Saoraja Baringeng, dan Soppeng

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Symbolic meaning, Mappadendang, Saoraja Baringeng, and Soppeng
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:06
Last Modified: 18 Sep 2023 07:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27670

Actions (login required)

View Item
View Item