Pola Komunikasi Interpersonal Pimpinan dan Staf dalam Meningkatkan Kinerja pada Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar = Interpersonal Communication Patterns of Leaders and Staff in Improving Performance in the General and Personnel Subdivisions of the Makassar City Communication and Information Service


Balqis, Anaqah Farah (2023) Pola Komunikasi Interpersonal Pimpinan dan Staf dalam Meningkatkan Kinerja pada Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar = Interpersonal Communication Patterns of Leaders and Staff in Improving Performance in the General and Personnel Subdivisions of the Makassar City Communication and Information Service. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021191035_skripsi_24-05-2023 cover1.jpg

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
E021191035_skripsi_24-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021191035_skripsi_24-05-2023 dp.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021191035_skripsi_24-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 August 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menganalisis pola komunikasi interpersonal pimpinan dan staf dalam meningkatkan kinerja pada subbagian umum dan kepegawaian Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar. (2) untuk mengetahui dan menganalisis hambatan komunikasi interpersonal pimpinan dan staf alam meningkatkan kinerja pada subbagian umum dan kepegawaian Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan studi pustaka.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi interpersonal pimpinan dan staf dalam meningkatkan kinerja pada subbagian umum dan kepegawaian Dinas Komunikasi dan Informatika kota Makassar ada 2 pola omunikasi, yaitu: Pertama pola kesetaraan (equality pattern) memiliki hak dan kesempatan dalam mengutarakan pendapat, ide, dan gagasan. Kedua pola pemisah seimbang (balanced split pattern) pimpinan dan staf ahli dalam bidangnya masing-masing dan memiliki peran yang berbeda. Hambatan komunikasi interpersonal impinan dan staf dalam meningkatkan kinerja pada subbagian umum dan kepegawaian Dinas Komunikasi dan Informatika kota Makassar ada 2 hambatan komunikasi, yaitu: Pertama hambatan fisik (physical noise) hambatan yang berada diluar informan seperti lingkungan sosial tempat informan tinggal. Kedua hambatan fisiologis (physiological noise) hambatan yang berada di dalam diri informan seperti faktor usia dan kemampuan informan berdasarkan keadaan dirinya.

Keywords : Komunikasi Interpersonal, Pola Komunikasi Interpersonal, Pimpinan dan Staf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interpersonal Communication, Interpersonal Communication Patterns, Leaders and Staff.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:05
Last Modified: 18 Sep 2023 07:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27665

Actions (login required)

View Item
View Item