Herlyani S., Herlyani S. (2023) Strategi Pemasaran Madu di Kabupaten Jayawijaya (Studi Kasus Peternak Lebah Binaan Dinas Pertanian Kabupaten Jayawijaya) = Honey Marketing Strategy in Jayawijaya Regency (Case Study of Beekepers by the Jayawijaya Regency Agriculture Office). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
P042211004_tesis_15-05-2023 cover1.png
Download (159kB) | Preview
P042211004_tesis_15-05-2023 1-2.pdf
Download (608kB)
P042211004_tesis_15-05-2023 dp.pdf
Download (334kB)
P042211004_tesis_15-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 August 2025.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
HERLYANI.S, Strategi Pemasaran Madu di Kabupaten Jayawijaya (Studi Kasus Peternak Lebah Binaan Dinas Pertanian Kabupaten Jayawijaya) (dibimbing oleh Ahmad Ramadhan Siregar dan Nurdjanah Hamid)
Untuk dapat mewujudkan cita – cita perusahaan sangat penting untuk mengatur strategi agar target perusahaan yang ingin dicapai perusahaan dapat tercapai. Strategi sangat penting karena perusahaan dapat mengambil keputusan yang paling tepat untuk menghadapi persaingan yang ada di dalam pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis Faktor – Faktor Internal dan Faktor – Faktor Eksternal, merumuskan strategi pemasaran dan menyusun prioritas alternatif strategi pemasaran madu di Kabupaten Jayawijaya. Informan dalam penelitian ini adalah 2 kelompok peternak lebah yaitu kelompok peternak lebah Rahma dan Kim Akim yang terletak di jalan Sinakma. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa madu di Kabupaten Jayawijaya berada pada kuadran III yaitu diperlukan strategi turn around yaitu meminimalkan masalah – masalah internal untuk merebut peluang pasar yang lebih baik dengan cara memperbaiki kemasan produk, meningkatkan jenis produk dan mensosialisasikan manfaat finansial beternak lebah madu khususnya pada kelompok remaja. Sedangkan strategi alternatif yang dilakukan yaitu mempertahankan kualitas madu yang terkenal dengan kadar air rendah serta rasa yang enak dan telah memiliki sertifikat identifikasi geografis.
Kata kunci : Wamena, strategi pemasaran, SWOT
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Distric Wamena, marketing strategy, SWOT |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Program Pascasarjana > Agribisnis |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 03:02 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 03:02 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27431 |