ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUASAN PASIEN DIABETES TIPE 2 INSTALASI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HAJI MAKASSAR = ANALYSIS OF THE EFFECT OF MARKETING MIX ON SATISFACTION OF PATIENTS WITH TYPE 2 DIABETES MELLITUS IN INPATIENTS IN GENERAL HOSPITAL MAKASSAR HAJI REGION


Salsabila, Suci Safwa (2023) ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUASAN PASIEN DIABETES TIPE 2 INSTALASI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HAJI MAKASSAR = ANALYSIS OF THE EFFECT OF MARKETING MIX ON SATISFACTION OF PATIENTS WITH TYPE 2 DIABETES MELLITUS IN INPATIENTS IN GENERAL HOSPITAL MAKASSAR HAJI REGION. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K052212001_tesis_06-06-2023 cover1.jpg

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
K052212001_tesis_06-06-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K052212001_tesis_06-06-2023 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K052212001_tesis_06-06-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
SUCI SAFWA SALSABILA. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Kepuasan Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Instalasi Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassar. (Dibimbing oleh Indar dan Darmawansyah).
Bauran pemasaran terdiri dari sembilan komponen termasuk produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, bukti fisik, kinerja, dan kekuatan yang di tujukan kepada pasien diabetes mellitus tipe 2. Akan ada 102 kasus baru diabetes melitus tipe 2 pada tahun 2021, membuat prevalensi kondisi ini signifikan yang pernah melakukan kunjungan rawat inap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pasien diabetes melitus tipe 2 selama rawat inap di lingkungan rumah sakit umum haji Makassar.

Survei analitik dengan pendekatan kuantitatif dan data cross-sectional adalah jenis penelitian yang digunakan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 81 pasien diabetes melitus tipe 2 yang dirawat di unit rawat inap di rumah sakit umum daerah haji meliputi analisis univariat, analisis bivariat, analisis multivariat, regresi logistik, dan uji Chi-Square.

Hasil penelitian menunjukkan variabel yang berhubungan dengan bauran pemasaran (Marketing Mix) terhadap kepuasan pasien diabetes mellitus tipe 2 adalah Tempat (Place) (p=0.060), Promosi (Promotion) (p=0.031), Proses (Process) (p=0.045) dan Kekuatan (Power) (p=0.015). Hasil analisis multivariat menunjukkan variabel yang paling dominan adalah variabel tempat (place) (exp β = 19.093). Kemudian, kesimpulan sejumlah variabel signifikan yang memiliki dampak terbesar pada kepuasan pasien dengan bauran pemasaran berikut, variabel tempat yang berfungsi sebagai penentu utama kepuasan pasien akan lebih fokus pada layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat luas, khususnya lokasi dari segi jumlah kamar, tempat parkir, dan ruang tunggu yang lebih cocok.

Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Tempat, Proses, Promosi, dan Kekuatan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Patent Satastaction, Plece Procoss, and Power
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:43
Last Modified: 07 Aug 2023 06:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/27352

Actions (login required)

View Item
View Item