Coffee Shop: Gaya Hidup Modern (Kasus Pada 3 Coffee Shop Di Maros) = Coffee Shop: A Modern Lifestyle (Case At 3 Coffee Shops In Maros)


Farahdiba, Ananda Soraya (2023) Coffee Shop: Gaya Hidup Modern (Kasus Pada 3 Coffee Shop Di Maros) = Coffee Shop: A Modern Lifestyle (Case At 3 Coffee Shops In Maros). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E031181316_skripsi_06-02-2023 COVER1.jpg

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E031181316_skripsi_06-02-2023 BAB 1-2.pdf

Download (901kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E031181316_skripsi_06-02-2023 DP.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E031181316_skripsi_06-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 March 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ANANDA SORAYA FARAHDIBA, E031181316. Penelitian ini berjudul Coffee Shop: Gaya Hidup Modern (Kasus Pada 3 Coffee Shop di Maros). Dalam penyelesaian skripsi ini, penulis dibimbing oleh Prof. Hasbi Marissangan, M.Si, Ph.D, dan Drs. Arsyad Genda, M.Si. Berdasarkan hasil pengamatan sejauh ini, fenomena menjamurnya coffee shop di Kabupaten Maros tentu membuat masyarakat sering mengunjungi coffee shop tidak bisa dipungkiri bahwa eksistensi coffee shop mewarnai kehidupan masyarakat Kabupaten Maros. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gaya hidup pengunjung coffee shop di Kabupaten Maros, dan untuk mengetahui bagaimana masyarakat Kabupaten Maros memaknai coffee shop. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan tipe deskriptif untuk menggambarkan studi kasus. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara melibatkan lima pelanggan coffee shop. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pelanggan coffee shop di maros memaknai coffee shop sebagai ruang publik dan makna simbolik, adapun makna simboliknya untuk menunjukkan prestise mereka saat mengunjungi coffee shop, makna ruang publik sebagai tempat belajar, tempat bekerja, tempat bersantai (sarana self-healing dan berkumpul sama teman) dan sebagai tempat bagi komunitas di maros melakukan penggalangan dana. Gaya hidup pelanggan coffee shop yang terbentuk akibat mengunjungi coffee shop adalah gaya hidup modern, gaya hidup modern meliputi gaya hidup hedonis yang menghabiskan waktu dan uang untuk nongkrong di coffee shop demi status sosialnya dan gaya hidup iklan, saat pelanggan mengunjungi coffee shop harus mengenakan pakaian dengan tren fashion saat ini, agar ketika saat memposting di media sosialnya mengandung unsur keindahan dan gaya berpakaian modern.

Kata kunci : Gaya hidup, Coffee Shop, Pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lifestyle, Coffee Shop, Customer
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Apr 2023 01:12
Last Modified: 05 Apr 2023 01:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/26129

Actions (login required)

View Item
View Item